Soroti Pengaturan Kendaraan Listrik dan Energi Terbarukan, Unair Raih Juara III di LP2DH Law Fair

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 September 2024 14:41 8 Sep 2024 14:41

Thumbnail Soroti Pengaturan Kendaraan Listrik dan Energi Terbarukan, Unair Raih Juara III di LP2DH Law Fair Watermark Ketik
Tim FH Unair Nadirah Dinta dan Yono Sugi Anom Darmawan yang berhasil memboyong juara III di LP2DH Law Fair. (Foto: Humas Unair)

KETIK, SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, mahasiswa Unair Yono Sugi Anom Darmawan dan Nadirah Dinta dari Fakultas Hukum menjadi juara III kompetisi LP2DH Law Fair. 

Diikuti 30 peserta dari berbagai universitas seluruh Indonesia, delegasi Unair mengikuti kategori lomba esai hukum dengan mengangkat tema “Upaya Revitalisasi Hukum Agar Sesuai dengan Pembangunan Berkelanjutan” berdasarkan pada penerapan poin-poin Sustainable Development Goals (SDGs).

Anom mengatakan, pada lomba esai kali ini tema yang diangkat bersama timnya berkaitan dengan pengaturan mengenai kendaran listrik.

Ia menyoroti perlunya pengaturan lebih lanjut mengenai limbah baterai kendaraan listrik dan juga urgensi pasokan energi listrik terhadap kendaraan listrik yang harus berasal dari energi baru terbarukan.

"Peraturan yang ada di Indonesia mengenai penggunaan baterai listrik pada kendaraan listrik hanya terbatas Peraturan Presiden Nomor 79 tahun 2023 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," jelas Anom, Sabtu 7 September 2024.

Menurutnya, pengaturan terkait kendaraan listrik di Indonesia harus menekankan pada penyediaan listrik yang berasaskan pada energi hijau. Melalui esai ini, timnya ingin memberikan solusi peraturan yang lebih komprehensif.

"Termasuk bahan bakar dari Energi Baru Terbarukan (EBT) dan memberikan insentif khusus seperti bentuk subsidi,”tambahnya.

Terkait persiapan lomba, Anom mengaku hanya memiliki waktu 4 hari untuk melakukan persiapan bersama timnya sebelum mengikuti kompetisi. Meski persiapan cukup singkat, timnya dapat memberikan presentasi yang maksimal hingga menduduki juara III dalam kompetisi tersebut.

“Kendalanya yakni lomba LP2DH bersamaan dengan perlombaan yang lain, maka untuk membagi waktu menjadi tantangan tersendiri. Kami bersyukur juga telah meraih Juara III," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unair FH Unair LP2DH Law Fair kendaraan listrik Energi Terbarukan