Eddy-Riezky Targetkan Menang 1 Putaran di Pilkada Sumsel 2024

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Muhammad Faizin

14 September 2024 19:55 14 Sep 2024 19:55

Thumbnail Eddy-Riezky Targetkan Menang 1 Putaran di Pilkada Sumsel 2024 Watermark Ketik
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia bersama fraksi PDIP Sumsel mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Sumsel sebagai peserta Pilkada 2024, Rabu 28 Agustus 2024. (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia menargetkan menang satu putaran di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dalam hal ini, Eddy mengatakan, pihaknya menargetkan bisa meraih setidaknya 45 persen suara pada Pilkada Sumsel 2024.

"Serius nyalon bukan untuk memecah suara dan yakin menang, ngapain memecah suara karena targetnya menang satu putaran," ujar Eddy, Sabtu, 14 September 2024.

Eddy menjelaskan, ia bersama Riezky mengusung program Sumsel Cerah (Cerdas dan Sejahtera) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyejahterakan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur.

Menurut Eddy, sektor pendidikan menjadi sorotan bagi dia karena praktik transaksional dan pungutan liar (pungli) yang melibatkan sekolah elite masih banyak terjadi, khususnya di jenjang SMA dan SMK.

Bahkan, Eddy dengan tegas berjanji akan menuntaskan pungli dan mengevaluasi sistem zonasi yang sampai saat ini menjadi kisruh di ranah pendidikan khususnya di Provinsi Sumsel.

Eddy menambahkan, jika dalam waktu dua tahun dia menjabat nanti masalah pungli belum tuntas, maka dia siap untuk turun dari jabatannya.

"Pungli sangat memberatkan karena orang tua harus membayar puluhan juta agar dapat kursi, kalau tidak ada uang tidak bisa sekolah di sana," katanya.

Selain itu, pendidikan jenjang SMA dan SMK juga masih terlampau mahal untuk bisa dinikmati semua kalangan.

“Untuk mewujudkan itu maka sektor pendidikan harus bagus, mulai dari fasilitas gedung, gurunya hebat, kurikulum bagus, dan lainnya. Sehingga akan menghasilkan murid yang juga hebat dan mencetak generasi muda yang unggul,” kata dia.

Dari segi infrastruktur, Eddy dengan latar belakang dia sebagai orang sipil, mengaku bisa memperbaiki dan memajukan infrastruktur di Sumsel, salah satunya untuk mewujudkan ketahanan pangan.

"Sumsel ini akan benar-benar hebat dan maju kalau kami yang pegang. Saya orang infrastruktur, Riezky itu orang pertanian bisa konsentrasi untuk ketahanan pangan, jadi lengkap perpaduan yang klop," tutup Eddy.

Tombol Google News

Tags:

Eddy santana putra riezky aprilia eddy riezky pilkada Sumsel menang PDIP fraksi Pasangan calon Gubernur Wakil Gubernur Pendidikan sumsel cerah