Tergoda Durian Montong? Pedagang di Pacitan Jual Rp80 Ribu Per Kilogram

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

12 Oktober 2023 13:35 12 Okt 2023 13:35

Thumbnail Tergoda Durian Montong? Pedagang di Pacitan Jual Rp80 Ribu Per Kilogram Watermark Ketik
Pedagang durian di Pacitan, yang lapaknya berada di selatan Perempatan Tanjungsari tengah menunjukkan Durian Montong dengan bobot sekitar 4 kilo yang di bandrol Rp300 ribu rupiah. (Foto: Al ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Durian montong merupakan salah satu jenis durian yang populer di Indonesia. Durian ini memiliki ciri khas daging buah yang tebal dan rasanya yang manis.

Di Kabupaten Pacitan, durian montong juga menjadi salah satu komoditas pertanian yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini yang turut membuat harga durian montong menjadi cukup tinggi.

Pada musim durian tahun ini, harga durian montong di Pacitan mencapai Rp80 ribu per kilogram. Harga ini terbilang cukup tinggi, mengingat harga durian di bawahnya biasanya hanya berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang durian di Pacitan, Susanto, mengatakan bahwa mahalnya harga durian montong disebabkan oleh permintaan yang tinggi dari masyarakat. Di samping karena telah dicap menjadi varietas durian unggul.

"Permintaan durian montong di Pacitan sangat tinggi, sehingga harga jualnya juga tinggi," kata Susanto, saat ditemui di lapaknya di selatan Perempatan Tanjungsari, Pacitan, Kamis (12/10/2023).

Susanto juga mengatakan bahwa durian montong yang dijualnya berasal dari berbagai wilayah setempat, namun sejauh ini paling banyak dari desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan.

"Durian montong yang saya jual berasal dari berbagai wilayah Pacitan, tapi paling banyak dari desa Kalikuning," jelas Susanto.

Susanto mengatakan bahwa harga durian montong yang dijualnya bervariasi, tergantung pada ukuran dan kualitas durian. Dia melanjutkan, bahwa harga durian montong yang paling besar bisa mencapai Rp300 ribu per buah..

"Harga durian montong yang paling besar ya Rp300 ribu untuk satu buah berukuran jumbo. Kurang lebih dengan bobot 4 kilogram, bahkan ada juga yang lebih besar lagi," jelas Susanto.

Meskipun harganya tinggi, durian montong tetap menjadi salah satu buah yang digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan durian montong memiliki rasa yang manis dan daging buah yang tebal.

"Durian montongan memang harganya mahal, tapi rasanya enak dan daging buahnya tebal," kata Wijayadi (42) salah seorang pembeli durian montong. (*)

Tombol Google News

Tags:

DURIAN DI PACITAN durian montong PEDAGANG DURIAN TANJUNGSARI PACITAN