TOP! Kominfo Berikan Penghargaan Media Center Terbaik Kepada Pemprov Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

1 Maret 2023 10:16 1 Mar 2023 10:16

Thumbnail TOP! Kominfo Berikan Penghargaan Media Center Terbaik Kepada Pemprov Jatim Watermark Ketik
Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan media center terbaik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, DEPOK – Atas kerja keras Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberikan pelayanan informasi yang maksimal kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan penghargaan peringkat pertama sebagai Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita Tahun 2023. Penghargaan ini diberikan dalam acara Anugerah Media Center (AMC) Daerah 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong. Penghargaan itu diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di di Depok Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).

Atas prestasi tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen terus meningkatkan layanan informasi berkualitas bagi seluruh masyarakat. Pasalnya, informasi yang berkualitas akan menjadi penyambung antara pemerintah dan masyarakat.

"Alhamdulillah, Pemprov Jatim kembali meraih Penghargaan Media Center Terbaik Peringkat Pertama Kategori Kontribusi Berita. Semoga penghargaan ini memacu Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan pelayanan informasi bagi masyarakat melalui pemberitaan yang berkualitas," ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (1/3).

Khofifah menambahkan, pemerintah tidak cukup hanya mengirimkan informasi kepada masyarakat, tetapi harus memastikan bahwa informasi tersebut sampai kepada masyarakat. Tidak sekadar send tapi delivered.

Dengan demikian, lanjut Khofifah, pemberitaan yang berkualitas bisa menjadi penetrasi berita-berita hoaks yang muncul. "Pemberitaan yang obyektif dan berkualitas sangat dibutuhkan. Sarat data yang valid menjadi kunci pemberitaan yang berkualitas. Data valid mampu menjadi penguat dalam menyampaikan program dan kebijakan," tambahnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI Usman Kansong mengatakan, media center daerah atau humas pemerintah berperan sebagai ujung tombak dalam mengomunikasikan program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, akurat dan relevan.

Menurutnya, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

"Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel," pungkas Usman.(*) 

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Kominfo Media center Layanan Informasi Khofifah