Uji Coba Rekayasa Lalin di Buk Gluduk, Banyak Pengendara Terobos Larangan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

7 September 2023 09:22 7 Sep 2023 09:22

Thumbnail Uji Coba Rekayasa Lalin di Buk Gluduk, Banyak Pengendara Terobos Larangan Watermark Ketik
Kondisi lalu lintas di kawasan Buk Gluduk. (Foto: tangkapan layar CCTV Malang Kota)

KETIK, MALANG
Uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Buk Gluduk telah berjalan selama dua minggu sejak 25 Agustus 2023 lalu. Dari hasil evaluasi Forum Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Malang, masih banyak pengguna jalan kebingungan dan menerobos larangan yang diberlakukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra. Akibat dari pengendara yang menerobos berbelok ke Jalan Untung Suropati Utara, terjadi penghentian kendaraan di kawasan tersebut hingga kemacetan kembali terjadi.

"Seperti di Jalan Untung Suropati Utara, itu kan tidak boleh melaju untuk yang dari arah selatan maupun dari arah utara menuju ke timur masuk ke Jalan Untung Suropati Utara. Tapi ternyata masih ada pengendara yang nekat, padahal sudah ada rambunya. Berarti ada penghentian di situ," jelas Widjaja pada Kamis (7/9/2023).

Di Jalan Simpang Trunojoyo juga sering terjadi penumpukan akibat pengguna jalan yang menyeberang atau memotong arus. Khususnya dari arah Jalan Simpang Trunojoyo berbelok menuju Jalan Gatot subroto. Begitu pula dari arah Jalan Panglima Sudirman menuju Jalan Trunojoyo.

Widjaja juga menemukan beberapa pengendara masih kebingungan dengan uji coba tersebut. Mereka pun akhinya memilih untuk putar balik di kawasan Kantor Kelurahan Kesatrian.

"Masih banyak masyarakat yang putar balik (di depan kantor kelurahan sekitar Jalan Panglima Sudirman) dan Jalan Narotama, jadinya kan menghambat. Kemudian di traffic light Rampal itu dari arah selatan ke utara padatnya hanya jam tertentu saja. Itu pun karena ada kendaraan besar," jelasnya.

Kendati demikian, dari hasil evaluasi ditemukan fakta bahwa tingkat kejenuhan di kawasan Buk Gluduk berkurang menjadi 1,21. Sebelum uji coba tersebut dilaksanakan, tingkat kejenuhan di sana cukup tinggi yakni mencapai 1,41.

"Dari hasil perhitungan beberapa minggu ini secara garis besar, sebelum ada uji coba tingkat kejenuhannya 1,41. Sedangkan setelah dilakukan perhitungan, di beberapa titik terjadi pengurangan. Walaupun kecil tetapi ya cukup berarti khususnya pada jam macet saja. Cukup membantu walaupun 1,21. Setidaknya ada efeknya," tutur Widjaja.(*)

Tombol Google News

Tags:

Buk Gluduk Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Malang Kota Malang