Wakili Bangkalan, Desa Ko'ol Lolos Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: Mustopa

16 Agustus 2024 09:33 16 Agt 2024 09:33

Thumbnail Wakili Bangkalan, Desa Ko'ol Lolos Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 Watermark Ketik
Slogan Desa Ko'ol Bisa terpampang di jalan utama desa, (16/08/2024) (Foto: Ismail Hs/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Proses seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 telah selesai dilaksanakan. Dari 190 desa perwakilan 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, kini menjadi 114 desa atau kelurahan.

Dari tiap kota atau kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa atau kelurahan terbaik di daerahnya.

Desa Ko'ol, Kecamatan Klampis termasuk salah satu dari tiga desa yang terpilih sebagai perwakilan Kabupaten Bangkalan mengikuti lomba Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024.

"Alhamdulillah Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis adalah salah satu desa yang dinyatakan lolos seleksi APJW II pada tahun ini dari Kabupaten Bangkalan," jelas Kepala Desa Ko'ol, H. Ropik.

Desa Ko'ol Kecamatan Kelampis Bangkalan memiliki lima dusun dengan luas wilayah 7.796 hektare dan jumlah penduduk 1.800 orang.

Desa Ko'ol juga memiliki fasilitas umum, mulai dari sarana ibadah, sarana pendidikan, ikon desa dan sarana bermain, masjid, taman, monumen desa, Paud, TK, sekolah dasar dan madrasah.

Kepala Desa Ko'ol H. Ropik mengatakan, berkat kekompakan dan senirgitas kepala desa, babinsa dan bhabinkamtibmas, semua program Desa Ko'ol bisa berjalan dengan baik.

Program yang dimaksud mulai dari ketahanan pangan, pengembangan UMKM dan PKK, kegiatan sosial kesehatan masyarakat desa, desa cerdas, kepemudaan, keagamaan, potensi wisata dan keamanan.

"Dengan sumber daya manusia  yag berkualitas dan sumber daya alam yang berlimpah semua program yang dicanangkan berjalan baik dengan hasil yang memuaskan," ungkapnya, Jumat (16/08/2024).

Foto Lahan persawahan ketahanan pangan Desa Ko'ol (16/08/2024) (Foto.Ismail Hs/Ketik.co.id)Lahan persawahan Desa Ko'ol (16/08/2024) (Foto: Ismail Hs/Ketik.co.id)

Melalui program pangan kemasyarakatan atau propamas misalnya, dengan pengelolaan lahan persawahan dan budi daya bandeng secara profesional, dapat meningkatkan hasil panen memuaskan setiap tahunnya, sehingga Desa Ko'ol mampu memenuhi kebutuhan pangan penduduknya.

Desa ini juga memaksimalkan peran UMKM dengan program "Mamang Santuy" yakni mari maksimalkan UMKM desa untuk mencegah stunting. Program ini sangat efektif dalam menekan  penyebaran angka stanting.

UMKM PKK ini dapat menghasikan berbagai macam hasil produksi seperti lemon sereh, puding labu, puding jagung, dan otak-otak bandeng, yang bahan utamanya mereka peroleh sendiri karena desa ini memiliki budidaya bandeng.

Untuk keberlanjutan pendidikan generasinya, di samping menyediakan perpustakaan desa, Desa Ko'ol hadir dengan program desa cerdas. Program ini salah satu bentuk kepedulian dan dukungan Desa Ko'ol terhadap program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

Keberlangsungan seluruh program ini tak lepas dari pengawasan tiga pilar dan partisipasi masyarakat desa.(*)

Tombol Google News

Tags:

Patriot Jawi Wetan Desa Ko'ol Bangkalan