Warga Ijen Gelisah Sumber Airnya Tercemar, Pj Bupati Bondowoso Lakukan Uji Kelayakan

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

1 Mei 2024 12:05 1 Mei 2024 12:05

Thumbnail Warga Ijen Gelisah Sumber Airnya Tercemar, Pj Bupati Bondowoso Lakukan Uji Kelayakan Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto (jaket biru) dan Kapolres Bondowoso, AKBP Lintar Mahardono (baju abu-abu) saat menunjukkan air yang mereka ambil dari sumber mata air yang dikeluhkan warga (30/4/2024) (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Masyarakat di Kecamatan Ijen gelisah. Karena, tiga sumber mata air yang biasa mereka konsumsi dikhawatirkan tercemar.

Mengetahui kegelisahan warga, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto turun langsung bersama Kapolres AKBP Lintar Mahardhono, Pj Sekda Haeriyah Yuliati, pada Selasa (30/4/2024). Mereka turun langsung meninjau tiga sumber mata air di Desa Kalianyar itu.

Tak hanya meninjau, mereka bahkan mengkonsumsi air tersebut untuk membuktikan bahwa air itu layak dikonsumsi.

Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto memastikan bahwa dari hasil peninjauan tersebut, tiga sumber mata air dinyatakan aman dan layak dikonsumsi. Bambang menegaskan bahwa Dinas Kesehatan telah melakukan uji laboratorium terhadap air tersebut.

" Untuk menjawab kegelisahan warga, " jelasnya. 

Ia menjelaskan, selanjutnya pihak pemerintah akan mensosialisasikan kepada masyarakat hasil uji kelayakan ini.

Ke depan, lanjut Bambang, pihaknya akan menjalin komunikasi antara kepala desa dengan PT. Medco yang akan mencari sumber mata air baru dan akan melakukan perbaikan-perbaikan di sumber air lama.

"Difasitilatasi, tetep jalan meskipun ini sudah layak. Apa yang dijanjikan Medco tetap kita akan monitor apakah pelaksanaannya sesuai atau tidak, " lanjutnya.

Camat Ijen Edi Mulyono juga mengatakan hal yang sama. Ia meninjau semua titik sumber dan bahkan mengonsumsinya langsung di lokasi.

"Langsung saya minum di sumber air pertama, aman dan tidak ada rasa apa-apa. Airnya jernih, bersih, tidak berbau dan tidak berbusa," akunya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #PjBupatiBondowoso #PolresBondowoso #LintarMahardono #Medco #KecamatanIjen #BambangSoekwanto