Anugerah SKK Bondowoso: 5 Kecamatan Bawa Pulang Penghargaan

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

2 September 2024 09:20 2 Sep 2024 09:20

Thumbnail Anugerah SKK Bondowoso: 5 Kecamatan Bawa Pulang Penghargaan Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Hadi Wawan Guntoro saat menyerahkan anugerah pada Kecamatan Curahdami (Foto : Diskominfo for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Lima kecamatan di Bondowoso mendapatkan penghargaan dalam Anugerah Sinergitas Kinerja Kecamatan (SKK) di Pendopo Bupati, pada Senin (2/9/2024). 

Lima kecamatan secara berurutan yang juara 1 hingga 5, yakni Kecamatan Curahdami, Sukosari, Tegalampel, Maesan dan Kecamatan Bondowoso. 

Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Wawan Hadi Guntoro, menjelaskan pemberian anugerah ini substansinya adalah mengukur bagaimana kepandaian Camat sebagai “bupati kecil” dalam  memimpin. Serta merangkai banyak urusan supaya bisa sejalan dan selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten. 

“Camat itu bupati kecil di wilayahnya,” jelasnya. 

Ia menjelaskan, tantangan selanjutnya yakni bagaimana memastikan inovasi para camat ini berkesinambungan. 

Karena itulah, penting inovasi yang dibuat ini harus bisa menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

“Inovasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat harus didorong untuk dilembagakan dalam sebuah regulasi. Melalui produk hukum daerah,” jelasnya. 

Dalam kegiatan tersebut disebutkan penilaian SKK ini dilakukan sejak periode 2023 lalu. Tim penilai sendiri juga melibatkan akademisi dari Universitas Muhammadiyah Jember. 

Ada beberapa kategori dalam penilaian SKK ini. Diantaranya kinerja organisasi Kecamatan yang terdiri dari tujuh aspek. 

Di antaranya, penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu kecamatan, pelaksanaan tugas delegatif. 

Selain itu, penyelenggaraan tugas atributif, inovasi kreasi kecamatan pada segala aspek penilaian dengan,  penganggaran dan pelaksanaan kecamatan, serta pelaksanaan tugas lainnya dengan.

Kemudian performance pimpinan kecamatan juga dinilai dengan penilaian empat aspek. Yakni kepemimpinan camat, kompetensi camat, komitmen camat dalam melayani, dan kreativitas camat. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Pj Bupati Bondowoso Muhammad Hadi Wawan Guntoro Anugerah Sinergitas Kinerja Kecamatan