Waspadai, Ngemil Kacang Mente dan Kacang Tanah saat Lebaran 

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

23 April 2023 01:00 23 Apr 2023 01:00

Thumbnail Waspadai, Ngemil Kacang Mente dan Kacang Tanah saat Lebaran  Watermark Ketik
Ilustrasi. Kacang mete yang menjadi favorit saat Lebaran. (Foto: S.Widodo/ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Silaturahmi saat lebaran Idul Ftri ke rumah orang tertua, teman dan rekan kerja sudah menjadi budaya di negeri ini. Bahkan acara Halal bi Halal sudah menjadi agenda rutin saat hari yang baik ini tiba.

Saat bersilaturahmi ke saudara tentu tak luput dari hidangan Lebaran. Kalau silahturami ke orang tua hampir pasti ada sajian ketupat dan lepet. Menu makanan ketupat diitambah opor ayam atau daging itulah hidangan istimewa saat Lebaran.

Nah selain hidangan ketupat ada lagi yang lebih khas. Di meja tamu biasa berjajar beberapa toples. Isi dalam toples bervariasi. Ada kue ringan, nester dan kue kalengan. Ada lagi yang menggiurkan di antara toples yang ada di meja ruang tamu. 

Camilan yang mengiurkan di atas adalah kacang goreng dan kacang mente. Kedua makanan cemilan ini memang enak. Gurih rasanya. Apa lagi kacang mente yang berasal dari Nusa Tenggera. Kacang mente dari daerah itu besar dan empuk. Sementara kacang yang rasanya cukup gurih adalah kacang Bali. Satu buah kacang yang belum dikupas isinya ada sekitar empat sampai lima biji. Rasanya tak kalah juga enak dengan kacang dari daerah lain.

Ketika ngemil kedua jenis makanan ringan di atas, rasanya tak ingin berhenti. Tapi awas lho. Ada risiko yang mengancam bagi yang suka ngemil berlebihan.. Risikonya adalah asam urat mengacam. Bisa dipastikan bila ngemil kacang mente atau kacang tanah goreng, dua hari tubuh masih tetap fit berarti asam urat  di tubuh tidak masalah. Kalau sudah terasa nyeri di bagian kaki dan tangan perlu diwaspadai. Kemungkinan asam urat dalam tubuh tinggi.

Solusinya kalau sudah nyeri berlebihan, maka secepatnya periksa ke dokter. Seperti diketahui angka asam urat di tubuh tidak boleh lebih dari angka 7. Lebih sedikit dari angka ini masih bisa ditoleransi. Makan kacang-kacangan perlu dikurangi agar tubuh tetap fit dan bugar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kacang tanah kacang mete. Lebaran