WhatsApp Hadirkan Fitur Kode Rahasia untuk Sembunyikan Pesan Pribadi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Desember 2023 06:21 2 Des 2023 06:21

Thumbnail WhatsApp Hadirkan Fitur Kode Rahasia untuk Sembunyikan Pesan Pribadi Watermark Ketik
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Aplikasi chatting besutan Meta, WhatsApp baru saja meluncurkan fitur barunya. Fitur baru tersebut merupakan peningkatan dari fitur sebelumnya yakni penguncian pesan atau chat lock. Dengan peningkatan tersebut saat ini pengguna dapat menyembunyikan pesan terkunci dengan kode rahasia.

Dengan bantuan kode ini pesan tidak akan nampak di daftar chat. Pengguna hanya dapat melihatnya setelah memasukkan kode rahasia tersebut pada kolom pencarian. Kode yang kamu buat dapat berupa gabungan huruf kecil dan besar, simbol hingga emoji. Tentunya semakin unik kode yang kamu buat akan semakin sulit kode tersebut untuk dibobol.

"Jadi tidak ada yang dapat secara tidak sengaja menemukan percakapan paling pribadi anda," ujar CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui channel WhatsApp miliknya, Jumat (1/12/2023).

Tambahan fitur ini dapat bermanfaat untuk melindungi privasi anda, terutama saat handphone anda dipinjam oleh teman. Pengguna juga masih dapat menyimpan pesan yang dikunci agar tetap ada di daftar obrolan.

“Kami sangat senang komunitas WhatsApp menyukai Chat Lock dan berharap kode rahasia ini bisa membuatnya lebih berguna,” tulis WhatsApp.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Hal ini telah dijelaskan sebelumnya oleh WhatsApp agar pengguna dapat memanfaatkan fitur ini dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

• Buka aplikasi WhatsApp 

• Pilih salah satu obrolan yang ingin dikunci

• Kemudian tekan dan tahan (press and long)

• Klik icon titik 3 yang terletak dibagian pojok kanan atas

• Aktifkan Lock chat dengan sidik jari atau pemindai wajah pengguna (Face ID) .

• Jika percakapan sudah terkunci, buka folder Locked Chats Klik Settings Pilih “Secret Code” 

• Lalu Create Secret Code” kemudian buat kode unik untuk mengamankan percakapan anda.

• Pilih lanjut, lalu konfirmasi kode 

 

Fitur ini sendiri memang saat ini belum disebarkan secara luas oleh WhatsApp. Namun secara bertahap akan segera tersedia secara global agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pengguna.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Meta whatsapp fitur keamanan chat lock kode rahasia Mark Zuckerberg Chating