Wujudkan Inovasi Pendidikan Kewirausahaan, Unesa Luncurkan 4 Unit Bisnis

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

29 September 2024 12:49 29 Sep 2024 12:49

Thumbnail Wujudkan Inovasi Pendidikan Kewirausahaan, Unesa Luncurkan 4 Unit Bisnis Watermark Ketik
Unit bisnis Fashionesa yang menyediakan aneka produk busana buatan Prodi Tata Busana. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan ekosistem bisnis sebagai bagian pengembangan pendidikan dan inovasi kampus.

Terbaru, Unesa meluncurkan 4 unit bisnis dalam rangkaian Pekan Teknologi Fakultas Teknik (FT) di Gedung A9, UNESA, Kampus Ketintang, pada Sabtu, 28 September 2024.

Dekan Fakultas Teknik, Suparji mengatakan empat unit bisnis yang diluncurkan yaitu Boganesa, Glownesa, Fashionesa, dan Boponesa. 

Boganesa merupakan pelayanan kebutuhan konsumsi untuk keperluan event, meeting, maupun kegiatan lain yang diselenggarakan oleh internal maupun eksternal kampus.

Lalu, Glownesa merupakan usaha hair and beauty salon yang melayani berbagai jasa treatment dan kecantikan seperti make up, basic spa, hair care, dan basic facial.

Sedangkan di bagian fashion terdapat Fashionesa yang melayani pembuatan aneka produk fashion yang dihasilkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Tata Busana Unesa.

“Merek ini berfungsi sebagai sarana publikasi, promosi, dan pemasaran untuk karya-karya fashion yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Tata Busana Unesa," kata Suparji, Sabtu 28 September 2024.

Foto Unit bisnis Boponesa yang melayani kebutuhan servis motor. (Foto: Humas Unesa)Unit bisnis Boponesa yang melayani kebutuhan servis motor. (Foto: Humas Unesa)

Sementara itu untuk Boponesa, Guru besar Fakultas Teknik ini menambahkan unit bisnis ini bergerak di bidang otomotif yang melayani service injection/non injection, ganti ban, ganti oli, ganti aki, ganti sparepart, sampai scan sistem injection.

Dengan unit bisnis ini, mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga dapat langsung terjun ke dunia industri, yang sekaligus memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan dan memperluas jaringan profesional mereka.

"Keempat unit bisnis ini menjadi sarana inovasi untuk mengembangkan berbagai produk buatan kampus dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya," tambahnya.

Di samping itu, Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Madlazim menuturkan keberadaan unit bisnis ini merupakan suatu terobosan agar mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang nantinya berguna saat memasuki dunia kerja.

Hal ini sejalan dengan perubahan visi Unesa setelah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), yaitu menjadi universitas kependidikan yang tangguh, inovatif, adaptif, dan berorientasi pada kewirausahaan.

“Oleh karena itu, kewirausahaan tidak hanya diajarkan dalam teori, tetapi juga diterapkan secara langsung melalui praktik," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa Unit Bisnis kewirausahaan Pengalaman Inovasi