Ziarah ke Makam Sunan Ampel Bareng Cak Imin, Anies: Napak Tilas Sejarah Panjang Dakwah Islam

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

10 September 2023 07:33 10 Sep 2023 07:33

Thumbnail Ziarah ke Makam Sunan Ampel Bareng Cak Imin, Anies: Napak Tilas Sejarah Panjang Dakwah Islam Watermark Ketik
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat Ziarah ke Makam Sunan Ampel. (Foto: Instagram@aniesbaswedan)

KETIK, SURABAYA – Pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, pada Sabtu (9/9/2023).  

Ziarah ini merupakan kegiatan Tour de Wali Songo yang diadakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 8-10 September 2023. 

Di akun instagram pribadinya, Anies Baswedan menjelaskan bahwa ia ikut bergabung Tour de Wali Songo yang dijalani Gus Muhaimin dengan berziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya. 

"Napak tilas sekaligus menelusuri sejarah panjang dakwah Islam di Indonesia. Sunan Ampel menjadi inspirasi kami, karena selain memiliki keilmuan yang luas, juga kiprah beliau di wilayah kepemimpinan politik," ujarnya. 

Anies menuturkan, ia dan Cak Imin juga berziarah ke Makam Ketum PBNU Pertama KH. Hasan Gipo dan Ketum PP Muhammadiyah KH. Mas Mansur. 

"Bagi saya, kembali ke Ampel itu juga seperti kembali ke kampung halaman. Karena almarhum kakek saya, yang kebetulan juga hari ini adalah tanggal kelahirannya, lahir dan besar di kawasan Ampel Gading, Surabaya," paparnya. 

Sementara Muhaimin Iskandar mengatakan, Sunan Ampel merupakan wali tertua yang memiliki anak para pejuang Islam di Indonesia. 

”Beliau memberikan banyak warisan ilmu pengetahuan dan strategi membangun masyarakat, bahkan telah berhasil merajut hubungan antara ulama dan pemerintah. Sehingga terjadi kehidupan keagamaan yang solid beserta seluruh program-program pemerintahan,” jelas Cak Imin pada Sabtu, (9/9/2023). 

”Ini dengan Mas Anies di Sunan Ampel, wali tertua yang memiliki anak para pejuang Islam di Indonesia. Kalau mau ziarah Wali Songo itu mulai dari Ampel atau diakhiri di Ampel,” imbuhnya 

Tour de Wali Songo dilaksanakan mulai 8-11 September. Cak Imin dan rombongan PKB berkeliling ziarah ke makam para wali yang berada di Cirebon hingga Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan Muhaimin Iskandar Gus Muhaimin Capres Bacawapres Makam Sunan Ampel Tour de Wali Songo pkb