Enam Armada Bus Mudik-Balik Gratis Pemkab Jember Disiapkan untuk Sambut Lebaran

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

23 Maret 2024 05:44 23 Mar 2024 05:44

Thumbnail Enam Armada Bus Mudik-Balik Gratis Pemkab Jember Disiapkan untuk Sambut Lebaran Watermark Ketik
Program mudik-balik gratis Pemkab Jember tahun 2023 lalu. (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Mudik Lebaran menjadi sebuah tradisi masyarakat Indonesia untuk pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Bagi mereka yang merantau, transportasi umum merupakan salah satu pilihan favorit.

Namun, terbatasnya ketersediaan tiket serta mahalnya tarif angkutan bisa saja membebani pemudik. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menyediakan program mudik gratis bagi warganya yang berada di perantauan.

Sebanyak enam armada bus disiapkan atau 310 kursi untuk mudik dan balik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau 2024 M.

“Memang ada pengurangan dari tahun kemarin. Tahun ini kami hanya menyediakan 4 bus untuk mudik, dan 2 bus untuk balik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Jember, Agus Wijaya, Sabtu (23/3/2024).

Dengan rincian mudik dari Jakarta - Jember sebanyak 2 armada bus. Yang akan diberangkatkan pada 5 April 2024 di Terminal Pulogebang. Sedangkan dari Jember - Madura sebanyak dua armada pada 6 April 2024 dan pemberangkatan dari Alun-alun Jember.

Sementara dua armada sisanya, balik gratis dari Madura - Jember akan dilaksanakan pada 15 April. Pemberangkatan melalui Terminal Arya Wiraraja Kabupaten Sumenep.

Karena jumlah kursi terbatas, lanjut Agus, hampir keseluruhan kursi sudah penuh terisi setelah beberapa jam informasi mudik gratis dipublikasikan pada 18 Maret 2024.

“Masih ada sisa beberapa untuk arus balik Madura-Jember,” imbuhnya. 

Tetapi pendaftaran program mudik dan balik gratis Pemkab Jember ini akan terus dibuka sampai Rabu, 3 April 2024.

“Biasanya budaya orang ini mau balik setelah hari raya ketupat atau tujuh hari setelah lebaran. Jadi masih banyak yang belum menentukan kapan untuk balik ke Jember dari Madura,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik gratis Pemkab Jember tujuan berbeda Jakarta Madura Jember Dishub Jember