Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kota Batu yang Wajib Dibeli Usai Berwisata

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

4 November 2023 23:00 4 Nov 2023 23:00

Thumbnail Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kota Batu yang Wajib Dibeli Usai Berwisata Watermark Ketik
Pedagang apel di jalan raya Selecta Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Berwisata ke Kota Batu Jawa Timur rasanya kurang afdol tanpa membeli oleh-oleh. Oleh-oleh menjadi hal yang wajib dibawa pulang, setelah anda berkunjung ke Kota yang terkenal dengan hawa sejuk ini.

Kota Batu yang juga terkenal dengan potensi alamnya tentunya menyajikan banyak pilihan makanan dan minuman khas.Tidak hanya makanan dan minuman, tanaman hias, kaos batik juga bisa menjadi pilihan anda sebagai oleh oleh.

Berikut ini ketik.co.id merangkum rekomendasi oleh-oleh khas Kota Batu yang bisa menjadi referensi anda saat mengunjungi Kota Batu.

 

1. Apel

Kota Batu memiliki tanah yang subur. Berbagai macam sayuran dapat tumbuh dengan baik di Kota ini. Begitu juga apel, yang menjadi komoditas buah yang banyak ditanam oleh warga di Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Para wisatawan tidak hanya bisa membeli apel segar, namun juga berbagai olahan apel dari minuman dan makanan. Seperti Minuman sari apel, Dodol Apel, Permen Apel, keripik apel dan Carangmas Apel. 

Pengunjung dapat dengan mudah menemukan buah apel. Karena sepanjang jalan utama Kota Batu banyak pedagang yang menjual buah yang menjadi ikon Kota Batu ini.

 

2. Tanam Hias atau Bunga

Selain sayur dan buah apel, masyarakat kota Batu juga membudidayakan berbagai macam tanaman hias atau bunga. Di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu, terdapat Mall Bunga.

Bagi pecinta tanaman hias, Mall Bunga Sidomulyo merupakan surga. Mall Bunga yang diluncurkan pada Oktober 2022 tersebut merupakan sentra penjualan tanaman hias.

Foto Mall Bunga Kota Batu di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Mall Bunga Kota Batu di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Total ada 200 lebih outlet bunga di Mall Bunga Sidomulyo dengan ratusan jenis bunga yang dijual. Selain makanan atau minuman, Bunga menjadi salah satu oleh oleh yang wajib dibawa pulang oleh pecinta tanaman hias. 

 

3. Susu Sapi

Salah satu Desa di Kota Batu yaitu Dusun Brau Desa Gunungsari, 90 persen masyarakat setempat merupakan peternak sapi perah. Total ada sekitar 700 sapi perah yang dipelihara oleh warga Dusun Brau. Sehingga dalam sehari mampu menghasilkan sekitar 5000 liter susu murni. 

Jika ingin membeli susu murni dari Dusun Brau tersebut, anda tidak datang langsung ke dusun tersebut, karena ada banyak tempat yang menjual aneka susu segar dari dusun Brau.

Seperti di Rumah susu Ganesa yang berada di Alun-Alun Kota Batu dan Rumah Susu KUD Batu di jalan Ir Sukarno. Keduanya menjual susu dengan berbagai rasa. 

 

4. Batik

Batik khas kota Batu juga bisa menjadi pilihan anda untuk dijadikan oleh-oleh. Batik khas kota Batu memiliki motif kearifan lokal yang tidak bisa anda temui di tempat lain. Seperti Batik Apel, Batik Bantengan, Batik Tempe Beji dan Batik Anggrek Dadaprejo.

Foto Batik Bantengan yang diciptakan oleh Gelari Griya Anjani di Desa Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Batik Bantengan yang diciptakan oleh Gelari Griya Anjani di Desa Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Batik Apel dan batik Bantengan telah dikenal luas oleh masyarakat. Baik di dalam maupun luar Kota Batu. Bahkan, keduanya telah merambah pasar internasional dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Demikianlah, rekomendasi oleh oleh khas Kota Batu yang bisa anda bawa pulang usai menikmati libur di Kota Batu.

 

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

oleh-oleh Kota Batu Apel