KETIK, MADIUN – Menyambut libur panjang Imlek dan Isra Mi'raj pada 23 Januari hingga 31 Januari 2025, KAI Daop 7 Madiun menyediakan total 22.716 tempat duduk untuk empat kereta api jarak jauh dengan keberangkatan dari Stasiun Blitar dan Jombang. Empat kereta tersebut adalah Kereta Api Brantas (Blitar-Pasar Senen), Singasari (Blitar-Pasar Senen), Kahuripan (Blitar-Kiaracondong), dan Bangunkarta (Jombang-Pasar Senen).
Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo menyampaikan hingga 21 Januari 2025, tercatat bahwa tiket untuk empat kereta tersebut telah terjual sebanyak 22.637 tempat duduk atau mencapai 100% dari okupansi yang tersedia.
"Dari jumlah tersebut, sebanyak 10.029 penumpang berasal dari wilayah Daop 7 Madiun, sementara 12.608 penumpang lainnya berasal dari luar wilayah Daop 7 Madiun," ungkapnya, Kamis 23 Januari 2025.
Tingginya antusiasme masyarakat terutama terlihat pada kereta api Kahuripan (Blitar-Kiaracondong), dengan okupansi mencapai 154%. Tiket kereta ini telah terjual sebanyak 10.287 tempat duduk, melebihi kapasitas yang disediakan sebesar 6.678 tempat duduk.
Meski permintaan tinggi, tiket untuk beberapa kereta api tujuan Jakarta masih tersedia. Kuswardojo, menyatakan bahwa hingga saat ini masih terdapat 4.428 tempat duduk yang dapat dipesan oleh pelanggan. Rincian ketersediaan tempat duduk sebagai berikut:
- Kereta Api Brantas (Blitar-Pasar Senen): 716 tempat duduk kelas eksekutif dan 541 tempat duduk kelas ekonomi.
- Kereta Api Singasari (Blitar-Pasar Senen): 648 tempat duduk kelas eksekutif dan 985 tempat duduk kelas ekonomi.
- Kereta Api Bangunkarta (Jombang-Pasar Senen): 556 tempat duduk kelas eksekutif dan 982 tempat duduk kelas ekonomi.
Kuswardojo menambahkan bahwa KAI Daop 7 Madiun mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap KAI.
“Kami mengapresiasi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api, terutama di momen libur panjang, untuk memberikan kenyamanan, kami terus berupaya memastikan perjalanan aman dan lancar," paparnya.
Ia juga mengimbau bagi pelanggan yang belum mendapatkan tiket untuk segera memesan melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, atau mitra resmi penjualan tiket lainnya.
"KAI Daop 7 Madiun tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Contact Center KAI di 121 atau media sosial resmi KAI," tutup Kuswardojo. (*)