LKS ke-31, Menyongsong Jatim Juara Umum Nasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

23 Mei 2023 15:59 23 Mei 2023 15:59

Thumbnail LKS ke-31, Menyongsong Jatim Juara Umum Nasional Watermark Ketik
Peresmian Pembukaan LKS tingkat Provinsi Jawa Timur ke-31 oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, dan Bupati Jember Hendy Siswanto, Selasa (23/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur kembali digelar Dinas Pendidikan Jawa Timur di Kabupaten Jember. LKS tingkat Provinsi Jawa Timur ini akan berlangsung pada sejak Selasa (23/5/2023) sampai Jumat (26/5/2023).

Pembukaan LKS tingkat Provinsi Jawa Timur ke-31 digelar di GOR Politeknik Negeri Jember, Selasa (23/5/2023). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Kegiatan pembukaan diisi dengan berbagai pertunjukan seni budaya dari persembahan siswa-siswi SMK. Adapun 54 bidang lomba yang diikuti oleh 1.659 peserta dari 1.518 SMK baik negeri maupun swasta dari seluruh Jawa Timur.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi melalui ajang ini menargetkan Provinsi Jawa Timur dapat menyandang Juara Umum di LKS tingkat Nasional pada Oktober 2023 mendatang.

“Jawa Timur pernah menjadi Juara Umum tahun 2016, nanti disaat kita menjadi tuan rumah harapan besar LKS Nasional Juara Umum adalah Jawa Timur,” ungkap Wahid.

Foto Kegiatan pembukaan LKS Jawa Timur ke-31 diiringi musik patrol khas Jember, Selasa (23/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Kegiatan pembukaan LKS Jawa Timur ke-31 diiringi musik patrol khas Jember, Selasa (23/5/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Dirinya optimis dengan target tersebut, Dinas Pendidikan Jawa Timur telah mempersiapkan dengan matang dan mengakui banyaknya prestasi-prestasi pendidikan yang diraih oleh Jawa Timur.

LKS menjadi bagian penting dalam meningkatkan kompetensi siswa terhadap keterserapan lulusan SMK. “Wadah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kompetensi keahlian para siswa SMK itu sudah sesuai dengan tuntutan dudika (dunia usaha dan dunia industri kerja),” terang Wahid.

Hal serupa juga disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenai kompetensi keahlian siswa SMK sesuai dengan kebutuhan dudika. 

“Jadi LKS akan bisa mengidentifikasi kompetensi yang relatif advance dan kompetensi yang memang harus didorong,” pungkas Khofifah.(*)

Tags:

LKS Jawa Timur Jember Juara Umum LKS Nasional Khofifah Indar Parawansa Dinas Pendidikan Jawa Timur