Pemkot Batu akan Pasang CCTV Pantau Warga Buang Sampah Sembarangan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

29 September 2023 10:18 29 Sep 2023 10:18

Thumbnail Pemkot Batu akan Pasang CCTV Pantau Warga Buang Sampah Sembarangan Watermark Ketik
Tumpukan sampah yang ada di TPA Tlekung Kota Batu. (Foto:Sholeh/ ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu berencana memasang CCTV di titik-titik tertentu untuk memantau warga yang membuang sampah secara sembarangan. 

Meskipun ada anjuran Pemkot Batu kepada warga untuk memilah sampah dari rumah, namun masih ada saja sampah yang dibuang dipinggiran jalan hingga sungai-sungai.

"Titik-titik mana yang akan dipasang CCTV multi fungsi, saat ini masih kami survei. CCTV ini akan memantau oknum warga yang membuang sampah sembarangan," katanya, Jum'at (29/9/2023).

Titik-titik yang akan menjadi fokus pemasangan kamera CCTV tersebut, urai Aries, seperti di beberapa alur sungai dan jalan sepi. Serta titik lain yang telah ditentukan setelah dilakukan survei.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penambahan CCTV tersebut juga akan menjadi pemantau pengawasan lalu lintas kendaraan.

"Penambahan CCTV juga berfungsi sebagai pengawasan keamanan wilayah Kota Batu, serta berfungsi untuk memantau kebersihan dan keindahan Kota," jelasnya.

Aries menguraikan, memang perlu sosialisasi masif, kesabaran dan keuletan untuk mengubah pola sikap masyarakat dalam pengelolaan sampah. Masyarakat yang biasanya hanya membuang sampah begitu saja. Kini harus memilah sampahnya sebelum dibuang. Memilah sampah mana yang bernilai ekonomis dan sampah yang tidak dapat dimanfaatkan. 

"CCTV tersebut akan terhubung langsung ke command center Kota Batu yang mana para petugas akan mengawasi oknum yang membuang sampah sembarangan," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu sampah Cctv