Penumpang Kereta Api Daop 9 Jember Selama Libur Panjang Naik 7 Persen

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

13 Mei 2024 12:10 13 Mei 2024 12:10

Thumbnail Penumpang Kereta Api Daop 9 Jember Selama Libur Panjang Naik 7 Persen Watermark Ketik
Keberangkatan penumpang Kereta Api dari Stasiun Jember (Foto: Humas KAI Daop 9)

KETIK, JEMBER – Libur panjang bertepatan dengan peringatan Kenaikan Yesus Kristus disusul cuti bersama dan libur akhir pekan dari 8-12 Mei 2024, penumpang kereta api mengalami peningkatan.

Okupansi dari angkutan kereta api di Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, meliputi sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, telah memberangkatkan 47.533 pelanggan. Atau rata-rata 9.507 penumpang menggunakan kereta api setiap hari.

Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menyampaikan jumlah mengalami peningkatan sebesar tujuh persen. 

Jika dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya tanggal 1-5 Mei yang hanya mengangkut 44.315 pelanggan.

“Jumlah penumpang terbanyak terjadi pada hari Minggu (12/5/2024) yang merupakan hari terakhir libur, total penumpang kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 Jember mencapai 10.399 orang,” ungkapnya.

KA Probowangi dari Ketapang tujuan Surabaya menjadi kereta api yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Daop 9 Jember.

Selama lima hari, KA Probowangi digunakan oleh 6.011 pelanggan atau rata-rata perhari sebanyak 1.202 penumpang. Jumlah tersebut merupakan 189 persen dari kapasitas KA Probowangi sejumlah 636 tempat duduk.

“Harga tiket KA Probowangi yang cukup terjangkau, menjadikannya pilihan bagi masyarakat untuk bepergian dari dan menuju daerah di dalam wilayah Daop 9 seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang ataupun probolinggo,” terangnya.

Menurutnya, tingginya animo masyarakat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi selama libur panjang kali ini tidak terlepas dari kepastian jadwal dan tingkat ketepatan waktu perjalanan kereta api yang tinggi.

“Kemudahan dalam mengakses jadwal perjalanan dan juga ketersediaan tiket menjadikan kereta api sebagai transportasi yang digemari,” tutup Cahyo.(*)

Tombol Google News

Tags:

okupansi penumpang Libur panjang Kenaikan Yesus Kristus Jember KAI Daop 9 Kereta Api KAI