Ponorogo Dinobatkan Jadi KaTa Kreatif 2022, Bupati Optimistis Dapat UCCN

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

21 Mei 2023 14:30 21 Mei 2023 14:30

Thumbnail Ponorogo Dinobatkan Jadi KaTa Kreatif 2022, Bupati Optimistis Dapat UCCN Watermark Ketik
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat menerima Plakat Kabupaten/Kota Kreatif dari Menparekraf Sandiaga Uno di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Humas Pemkab Ponorogo)

KETIK, PONOROGO – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) menobatkan Ponorogo menjadi Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022.

Penobatan itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan Jejak Kreatif Indonesia di Kompleks Kota Lama Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023).

Pengukuhan Ponorogo sebagai kota kreatif ditandai dengan diserahkannya plakat KaTa oleh Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan memiliki harapan besar Ponorogo segera naik kelas menjadi bagian Jejaring Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative City Network (UCCN).  Karena, KaTa kreatif merupakan embrio dalam membentuk kota kreatif dunia yang mampu membawa perubahan dan peningkatan sektor ekonomi kreatif ke kancah internasional.

‘’Kemenparekraf ditunjuk oleh Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) ingin mendorong lebih banyak kota-kota di Indonesia yang masuk creative cities of network,’’ kata Sandiaga Uno.

Kesenian reyog, lanjut Sandiaga yang mengantarkan Ponorogo mendapat predikat KaTa Kreatif Indonesia 2022 dari bidang seni pertunjukan. Ada delapan daerah lainnya yang juga menerima penghargaan. Yakni, Bantul (kriya), Kota Bitung (kuliner), Bone Bolango (fesyen), Gunung Kidul (seni pertunjukan), Kebumen (film, animasi, video), Lebak (kriya), Samosir (seni pertunjukan), dan Kota Sabang (kriya).

Setelah resmi menjadi kota kreatif nasional, Sandiaga berharap tercipta lapangan kerja baru khususnya di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Muncul istilah 3G agar pembangunan bergerak cepat. Yakni, Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi online) untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024 mendatang.

Bupati Sugiri Sancoko menyatakan optimistis Ponorogo mampu lolos menjadi satu dari dua kabupaten/kota yang diusulkan Kemenparekraf menjadi UCCN. Sebab, Ponorogo memiliki modal besar di bidang kesenian rakyat dan kriya.

‘’Reyog sudah ada sejak zaman nenek moyang, dan menjadi motor penggerak ekonomi kreatif di Ponorogo,” jelasnya.

Ponorogo, kata dia, bersaing dengan Bantul dan Kota Surakarta yang diusulkan Kemenparekraf ke UCCN dari bidang crafts and folk art (kriya dan kesenian rakyat).

Foto Sejumlah Kepala Daerah Para Penerima Plakat KaTa Kreatif 2022 saat Foto Bersama Menparekraf. (Foto: Humas Pemkab Ponorogo)Sejumlah kepala daerah penerima Plakat KaTa Kreatif 2022 saat foto bersama Menparekraf. (Foto: Humas Pemkab Ponorogo)

Hasil Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PM3KI) Kemenparekraf pada 2021 mengungkap fakta bahwa terdapat 365 paguyuban reyog di Ponorogo dengan anggota masing-masing sebanyak 60 orang. Itu berarti ada serapan tenaga kerja sebanyak 24.840 orang dengan omzet pertahun mencapai Rp 5,4 miliar.

 

Belum lagi, seni kriya yang mengikuti pertunjukan reyog. Mulai kerajinan ganongan, gamelan, rengkek, rakap, caplokan, dan ekek. Ada juga batik khas Ponorogo bermotif reyog. Dari sekitar 273 pelaku seni kriya itu, dalam setahun beromzet Rp 6,4 miliar rupiah.

 ‘’Dari kesenian reyog telah banyak bermunculan pelaku ekonomi kreatif. Generasi muda ikut melestarikan seni reyog berikut kerajinannya,’’ terangnya.

Sugiri Sancoko berharap semua pemangku kebijakan serius mewujudkan pembangunan berbasis ekonomi kreatif. Apalagi, sudah ada dukungan dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno kepada Ponorogo menjadi bagian UCCN dari bidang kriya dan kesenian rakyat.

‘’Kalau melihat dari sisi objektif, sudah waktunya dan saya yakin Ponorogo yang dapat (UCCN),’’ harapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Kreatif 2022 Ponorogo Terkini Reog Ponorogo Unesco Sandiaga Uno sugiri sancoko