PT Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja, Serbu!

Jurnalis: Alifa Zahra
Editor: Irwansyah

21 Februari 2023 09:23 21 Feb 2023 09:23

Thumbnail PT Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja, Serbu! Watermark Ketik
Lowongan PT. Freeport Indonesia. (Foto: ptfi.co.id)

KETIK, JAKARTA – PT. Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia. Perusahaan ini melakukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Perusahaan besar ini kini sedang membuka lowongan sebagai Superintendent Contract. Berikut rincian syarat dan ketentuannya:

Tanggung Jawab Pekerjaan

1. Merencanakan, menganalisis, dan mengevaluasi pekerjaan yang akan dialihdayakan dan secara langsung menegosiasikan syarat, ketentuan, tarif, dan PTFI menyediakan fungsi pendukung dengan pihak terkait (misalnya, kontraktor, departemen pengguna akhir, dll) di bawah tanggung jawab untuk memastikan kepuasan akhir pengguna dalam rencana yang ditentukan, sesuai jadwal, anggaran yang dialokasikan dan kualitas tinggi. 

2. Menganalisis dan menyiapkan dokumen kontrak dan memilih paket tender untuk kontrak bernilai tinggi dan berisiko di bawah tanggung jawabnya berdasarkan layanan dan pedoman yang diperlukan dengan mengundang kontraktor atau vendor potensial untuk meminta proposal pekerjaan (tender) untuk layanan tertentu sehubungan dengan kebutuhan pengguna, kinerja dan nilai wajar. 

3. Meninjau dan menilai risiko pekerjaan kontrak baru yang masuk dan menetapkan program kerja untuk bawahan yang ditugaskan untuk memastikan bahwa semua pekerjaan kontrak yang masuk di bawah tanggung jawabnya dapat diselesaikan tepat waktu. 

4. Memfasilitasi dan melakukan analisis tender untuk kontrak bernilai tinggi dan berisiko di bawah tanggung jawabnya untuk memastikan bahwa layanan tertentu yang akan dilakukan oleh kontraktor sesuai dengan persyaratan kualitas dan batasan biaya yang melekat pada layanan tersebut. 

5. Menganalisis persyaratan yang diperlukan kontraktor dan kontrak yang berisiko tinggi di bawah tanggung jawabnya untuk memastikan kepatuhannya terhadap persyaratan pemerintah terkait dengan izin dan masalah pajak. 

6. Memberikan masukan dan rekomendasi atas pemilihan dan penempatan kontraktor yang bernilai dan berisiko tinggi kepada atasan, untuk mendapatkan keputusan terbaik, nilai wajar, dan meminimalkan risiko bagi perusahaan sesuai dengan kebijakan dan prosedur Perusahaan. 

7. Menganalisis dan menyiapkan rekomendasi kontrak dan analisis biaya untuk ditinjau lebih lanjut oleh atasan, untuk kontrak berisiko tinggi dan bernilai di bawah tanggung jawabnya untuk memberikan informasi menyeluruh kepada manajemen senior sebelum pelaksanaan kontrak. 

8. Mengarahkan, memantau, dan meninjau persiapan klaim kontra kontrak awal untuk sanggahan atau penilaian balik atas klaim kontraktor yang menjadi tanggung jawabnya, jika diperlukan, untuk memastikan data dan/atau informasi yang akurat. 

9. Mengembangkan, membangun, dan memelihara hubungan dan komunikasi bisnis yang efektif dengan personel kunci Pengguna Akhir dan Kontraktor di bawah lingkup tanggung jawab berkoordinasi dengan Bagian Kepatuhan Kontrak untuk meningkatkan kualitas layanan dan biaya. 

10. Mengawasi, memantau dan mengelola kegiatan sehari-hari para Engineer Kontrak yang berada di bawah tanggung jawabnya untuk memastikan bawahannya bekerja sesuai dengan KRA/KPI terukur sejalan dengan tujuan departemen; memfasilitasi rencana pengembangan yang dibutuhkan; dan membantu dalam menangani masalah / masalah pribadi bila diperlukan. 

11. Memantau, mengontrol dan mempromosikan kebijakan dan prosedur keselamatan dan lingkungan kepada staf di bawah tanggung jawabnya untuk memastikan kebijakan keselamatan dan lingkungan diterapkan dan tidak ada kecelakaan. 

Tantangan utama dalam posisi ini antara lain: 

  • Mengumpulkan informasi yang akurat mengenai keterbatasan kontraktor untuk memastikan pemilihan kontraktor terbaik terkait dengan bidang tanggung jawabnya. 
  • Tetap update dengan perubahan peraturan atau izin pemerintah yang cepat. 
  • Memperbarui dengan pertambangan terbaru dan teknologi produk/pendukung terkait dan daftar terbaru penyedia layanan terkemuka untuk membantu dan mempercepat proses penempatan layanan dan pemilihan kontraktor terbaik untuk proyek-proyek mendatang. Hal ini untuk memenuhi persyaratan jika pihak ketiga diperlukan untuk melakukan Keuangan. 

Pendidikan dan Pengalaman Minimum 

  • S1 Teknik/Kelautan dan S2 Master of Science dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang terkait. 
  • Memiliki pengetahuan dan latar belakang yang baik dalam analisis bisnis, pengadaan, logistik, manajemen rantai pasokan, keterampilan negosiasi kontrak, analisis keuangan dan biaya. 

Kompetensi Inti (Pengetahuan, Keterampilan & Karakter) 

  • Keterampilan negosiasi kontrak yang baik
  • Keterampilan interpersonal.

Itulah informasi lengkap tentang lowongan kerja PT Freeport Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Loker Freeport PT Freeport Indonesia Lowongan Kerja Loker Freeport