Icon X Ketik media Siber
Icon X Ketik media Siber

Follow our social media:

Icon tiktok png Icon instagram png Icon facebook png Icon twitter png

Event:

Kanal:

Seniman Kota Batu Pamerkan Karya Bertajuk 'Aku'

Gambar Seniman Kota Batu Pamerkan Karya Bertajuk 'Aku' Pengunjung sedang menikmati karya dalam pameran Aku di Galeri Raos Kota Batu, Kamis (24/8/2023). (Foto: Sholeh/ ketik.co.id)

Seniman Kota Batu Pamerkan Karya Bertajuk 'Aku'

KETIK, BATU – Seniman Pondok Seni Kota Batu menggelar pameran bertajuk "Aku" di Galeri Raos jalan Panglima Sudirman, Kota Batu. Pameran yang melibatkan 10 seniman tersebut berlangsung sejak 19 Agustus hingga 10 September 2023 mendatang. Berbagai karya seni mulai dari lukisan, karya Logam hingga kolase kertas dipamerkan di Galeri Raos. 

Pameran Aku diikuti oleh seniman senior Kota Batu. yaitu Riyanto Sinyo, Watonysays, Syamsu S, Soegiono, Yusfianto, Anwar, M Taufik, dan Prie Wahyuono. Ada juga dua seniman muda yang ikut yakni Mofasa dan Dewi Ratna.

Watonisays, Ketua Pondok Seni Kota Batu sekaligus seniman yang ikut pameran mengatakan, pameran bertajuk Aku merupakan pameran karya ke-aku-an dari para seniman yang terlibat. Artinya, karya karya tersebut merupakan potrer dari keseharian yang dialami atau dirasakan.

"Aku ya aku, bukan kamu, atau mereka. Jadi pameran ini memunculkan karya seni yang tidak dipengaruhi oleh karya orang lain," jelasnya, Kamis (24/8/2023).

M taufik misalnya, yang mencurahkan karya seni menggunakan media logam. Itu lantaran, pria yang tinggal di Kelurahan Ngaglik itu sehari hari bekerja sebagai tukang las. 

"Kata Aku ini memang simpel, hanya tiga huruf. Tetapi memiliki makna yang dalam. Dalam dunia seni, Aku akan mempengaruhi karya yang dihasilkan seniman," tambah Watonisays.

Lukisan lainnya berjudul "Yang Akan Datang" oleh Riyanto Sinyo. Lukisan itu menggambarkan seorang ibu menggendong bayi berselimut warna pink. Di sebelah ibu tersebut ada sang suami dan seorang anak laki laki. 

Sinyo mengatakan, lukisan itu merupakan perwujudan keinginannya untuk memiliki anak perempuan. Dikatakannya, saat ini istrinya sedang mengandung.

"Anak saya 5, semuanya laki laki. Saya berdoa anak saya yang keenam ini adalah perempuan. Makanya, di lukisan anak perempuan saya wujudkan dengan selimut warna pink," urainya.

Sebagai informasi, Pondok Seni Kota Batu rutin menggelar pameran di Galeri Raos. Ada sebanyak 80 seniman yang tergabung dalam pondok Seni Kota Batu.

Sedangkan, Galeri Raos menjadi tempat jujugan para seniman untuk memamerkan karya. Tidak hanya seniman Kota Batu, seniman dari daerah lain juga kerap menggelar pameran di Galeri Raos.(*)