Setya Damayanti, Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 Bicara Pentingnya Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Desa

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

24 Mei 2024 07:30 24 Mei 2024 07:30

Thumbnail Setya Damayanti, Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 Bicara Pentingnya Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Desa Watermark Ketik
Setya Damayanti, Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, JAKARTA – Setya Damayanti alias Tya, peraih Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 bicara mengenai pentingnya akses pendidikan yang layak bagi masyarakat desa.

Menurut pemilik akun media sosial Instagram @tya.damayant11 tersebut, akses pendidikan sangat penting karena di tempat tertentu khususnya di desa, masih sangat sederhana dan terbatas.

"Saya berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di desa," kata Tya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan WhatsApp, Jumat (24/05/2024).

Foto Setya Damayanti, Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 membimbing anak-anak pedesaan (Foto: dok. pribadi)Setya Damayanti, Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 membimbing anak-anak pedesaan (Foto: dok. pribadi)

Karena itu, ia melakukan advokasi dalam bidang pendidikan, karena masih banyak masyarakat khususnya anak-anak di pedesaan yang sulit mendapatkan akses pendidikan yang layak dan baik. 

"Banyak masyarakat yang memiliki mindset bahwa tidak perlu berpendidikan terlalu tinggi. Padahal semuanya memiliki keinginan untuk terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, walaupun terhalang oleh sarana dan prasarana yang ada," ucapnya.

Advokasi yang dilakukan Tya yakni bernama Smiling Village, yang artinya senyum desa yaitu berupa gerakan mengajar desa.

"Harapan saya ke depan untuk pemerintah bisa lebih memperhatikan masyarakat yaitu pengadaan sarana dan prasarana. Untuk anak-anak desa saya berharap mereka selalu memiliki keinginan yang tinggi dan semangat dalam berpendidikan," harapnya.

Ia mengajak generasi muda agar lebih aware terhadap pentingnya pendidikan bagi masyarakat desa. "Jadilah generasi muda yang peduli terhadap sesama, bukan men-judge mereka karena terlahir di desa," lanjut Tya.

"Kita memiliki tanggung jawab yang besar sehingga harus bisa menjadi representasi sekaligus role model yang baik dan dapat dicontoh agar bermanfaat bagi lingkungan sekitar," tandasnya.

Berikut prestasi Tya:

  • Top 10 Miss Hijab Jawa Barat 2024
  • Best Speaker Miss Hijab Jawa Barat 2024
  • Juara 2 Lomba Sajak tingkat SMA 2022
  • Juara  2 Lomba Mendongeng Sunda 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Setya Damayanti Top 10 Miss Hijab Jabar 2024 Cantik mahasiswi Akses Pendidikan masyarakat desa