"Terima Kasih Bapak Kapolri, Kami Dipermudah Membuat SIM"

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

7 Agustus 2023 10:15 7 Agt 2023 10:15

Thumbnail "Terima Kasih Bapak Kapolri, Kami Dipermudah  Membuat SIM" Watermark Ketik
Lintasan ujian praktik SIM C di Satlantas Polres Jember, Senin (7/8/2023). (Foto: Humas Polres Jember)

KETIK, JEMBER – Lintasan ujian praktik SIM di Satlantas Polres Jember terhitung mulai Senin (7/8/2023) berubah, tidak lagi seperti arena latihan sirkus. 

Beberapa lintasan, seperti lintasan zig zag dan lintasan angka 8 sudah dihapus dan diganti dengan lintasan tikungan yang lebih mudah. 

Beberapa perubahan dalam lintasan ujian praktik SIM C terbaru, di antaranya lintasan yang lebih lebar 200 centimeter dari yang sebelumnya 120 cm. Juga 3 tikungan terbaru, di antaranya tikungan U-Turn, tikungan letter S, dan tikungan L. 

Kasatlantas Polres Jember AKP Arum Inambala menyatakan, bahwa perubahan lintasan ujian praktik SIM C atas putusan dari Kakorlantas Polri, dimulai sejak 7 Agustus 2023.

"Perubahan lintasan SIM C ini, merupakan keputusan dari Kakorlantas,  tujuan dari perubahan lintasan ini juga sesuai dari arahan kapolri," ujar Arum. 

Salah satu peserta ujian SIM C, Putri asal Balung, menyatakan bahwa ujian praktik SIM C kali ini lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Dirinya sudah 5 kali gagal ujian praktik dengan menggunakan lintasan yang lama. 

"Ya sekarang lebih mudah dibanding sebelumnya. Alhamdulillah meski latihan pertama terjatuh sampai tiga kali karena grogi banyak yang lihat, tapi untuk latihan yang kedua sudah lancar," ujar Putri.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ninuk warga Puger, ia yang sejak April lalu mengikuti ujian praktik dan mengalami kegagalan sampai 7 kali, akhirnya berhasil lulus di percobaan ke-8 dengan menggunakan praktik lintasan terbaru. 

"Alhamdulillah akhirnya saya punya SIM C. Terima kasih Bapak Kapolri, kami sudah dipermudah membuat SIM," ujar Ninuk.(*)

Tombol Google News

Tags:

Satlantas Polres Jember Ujian praktik SIM C Lintasan Baru Lebih mudah