5 Langkah Agar Anak Tidak Rewel saat Mudik

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

20 April 2023 03:01 20 Apr 2023 03:01

Thumbnail 5 Langkah Agar Anak Tidak Rewel saat Mudik Watermark Ketik
Ilustrasi anak rewel. (Foto : klikdokter)

KETIK, SURABAYA – Moment mudik bersama keluarga menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri. Kadang bikin pusing bila anak rewel selama dalam perjalanan.

Dosen PG PAUD Unusa Jauharotur Rihlah, S.Pd., M.Pd memiliki beberapa tips agar anak tidak mudah rewel saat mudik. Berikut tips yang harus dilakukan agar mudik terasa nyaman untuk anak :

1. Penuhi Kebutuhan Dasar Anak

Jika anak mulai rewel, cari tahu penyebabnya sehingga orang tua dapat mengatasi langsung penyebabnya. Jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi, orangtua dapat tanyakan secara langsung. 

Lapar, haus, ingin BAB dan BAK merupakan beberapa penyebab anak rewel yang cukup umum. Pastikan segala kebutuhan tersebut dapat orangtua penuhi.

2. Buat Suasana Mudik yang Nyaman 

Kondisi perjalanan yang panas, gerah, dan bau tentunya akan membuat anak tidak nyaman. Hal inilah yang kerap bikin si kecil menangis saat mudik. 

Tipsnya agar anak nyaman saat mudik, pilihlah moda transportasi yang ramah anak dan ciptakan suasana yang menyenangkan selama perjalanan. Orangtua bisa memperdengarkan anak lagu-lagu yang riang agar ia tidak gelisah.  

3. Antisipasi Mabuk Perjalanan 

Salah satu penyebab anak menjadi rewel saat melakukan perjalanan adalah mabuk perjalanan. Untuk itu, cegahlah mabuk perjalanan dengan air hangat atau obat anti mabuk perjalanan agar anak tidak uring-uringan. 

4. Latih Anak Sebelum Berangkat Mudik 

Tips ini bisa dilakukan agar anak tidak rewel saat perjalanan jauh. Apalagi jika ia benar-benar baru pertama kali melakukan perjalanan jauh. Buatlah kondisi seperti saat mudik nanti. Gunakan kendaraan yang akandi pakai nanti saat mudik. Hal-hal tersebut akan membuat anak lebih terbiasa dan tidak kaget saat melakukan perjalanan. 

5. Kenal Penyebab Anak Rewel Lainnya 

Mengingat anak sedang dalam tahap pertumbuhan, khususnya yang masih bayi, terkadang ada kondisi biologis yang membuat dirinya tak nyaman. Hal tersebut misalnya pertumbuhan gigi.

Tumbuh gigi bisa dimulai sejak anak berusia 3 bulan. Saat anak mau tumbuh gigi, biasanya gusi bengkak dan terasa nyeri sehingga membuatnya tidak nyaman dan rewel. 

Tanda lainnya anak sedang tumbuh gigi, yaitu keluar banyak air liur, suka menggigit benda keras, dan sulit tidur. 

Orangtua dapat memijat area sekitar mulut anak, atau memberikan objek keras namun bersih untuk digigit anak, misalnya mainan khusus. Hal ini dilakukan untuk melatih gigitan dan mengurangi rasa sakit dari gigi yang sedang tumbuh. (*)

Tombol Google News

Tags:

mudik lebaran Arus Mudik Idul Fitri