5 Program Studi FDK UIN SGD Bandung Gelar Validasi Borang ISK APS 4.0

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

19 Desember 2023 15:04 19 Des 2023 15:04

Thumbnail 5 Program Studi FDK UIN SGD Bandung Gelar Validasi Borang ISK APS 4.0 Watermark Ketik
5 Program Studi FDK UIN SGD Bandung menggelar validasi Borang ISK APS 4.0 (Foto: dok. UIN SGD Bandung)

KETIK, GARUT – Seluruh Program Studi di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung melaksanakan kegiatan finalisasi borang ISK APS 4.0, yang berlokasi di Kabupaten Garut, pada hari Ahad - Senin (17-18/12/2023).

Dalam sambutannya, Dekan FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Enjang AS, M,Si., M.Ag menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud keseriusan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dalam menjalankan tupoksinya untuk melakukan konversi peringkat akreditasi 5 prodi yang sudah mendapatkan A menjadi unggul. 

Enjang menjelaskan, langkah konversi akreditasi 5 Program Studi di Lingkungan FDK ini mengacu pada peraturan BAN PT untuk menyesuaikan dengan tingkat pelampauan SN-DIKTI. 

"Pelampauan SN-DIKTi ini  mengandung arti melampaui secara kuantitatif dan kualitatif. Pada tingkat Program studi disebut unggul berarti telah menetapkan dan memenuhi standar yang sangat jauh melampaui SN Dikti," katanya dalam keterangan tertulis kepada media online nasional Ketik.co.id.

Terakhir dekan FDK mengatakan, bahwa dikumpulkannya semua prodi di Garut agar bisa fokus melakukan validasi borang ISK APS 4.0 yang sudah dikerjakan dan dimonev hampir selama 2 bulan di Fakultas.

Kegiatan ini menghadirkan assesor BAN- PT yang kebetulan dosen FDK, Dr.H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag., untuk membantu mengevaluasi dan menvalidasi seluruh isian Intrumen Suplemen Konversi (ISK) prodi BKI, KPI, MD, PMI dan ILKOM agar sesuai dengan format dan tagihan BAN-PT. 

Sejak dibuka acara ini oleh dekan, satu persatu borang ISK APS 4.0 prodi dibedah dan diberikan catatan perbaikan oleh Dr.H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. 

Ia berharap, borang ISK APS 4.0 setiap Prodi ketika dibedah satu persatu dapat terdeteksi kesalahan pengisian, kekurangan dokumen, bahkan bisa langsung diperbaiki. 

"Sehingga ketika pulang dari Garut, setiap borang ISK APS 4.0 perprodi tinggal sedikit lagi perbaikannya dan bisa segera submit," ujar Dia.

Sementara itu, Wadek 1, Dr.H. Dudy Imanuddin Effendi, M.Ag., mengatakan mudah-mudahan kegiatan ini dapat mempercepat penyelesaian borang ISK APS 4.0 prodi BKI, KPI, MD, PMI, dan ILKOM sehingga masih di bulan Desember ini bisa submit ke SAPTO BAN-PT sesuai dengan target yang sudqh direncanakan. 

"Program ini dipercepat karena merupakan salah satu tagihan IKU UIN SGD Bandung yang harus disambut baik oleh pengelola Fakultas dan  setiap Prodi dalam upaya untuk selalu memelihara dan meningkatkan mutu akademik secara berkelanjutan," ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. H. Mukhlis Aliyudin, M.Ag (Wadek 2), Dr. Asep Shodiqin, M.Ag (Wadek 3), H. Deni Supiadi, MM. (Kabag), KPM, GPM, SIMDAK, kestari, para kaprodi, para sekprodi dan sebagian operator PDDIKTI Fakultas. 

Semua yang hadir sepakat bahwa kegiatan ini merupakan upaya dan tanggungjawab kolektif agar peringkat semua Prodi di Lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung bisa menjadi unggul. Katanya, jika semua prodi akreditasinya Unggul,  kami ikut bangga karena didalamnya kami terlibat langsung.

Diakhir, semua yang hadir sambil berkelakar dan berpantun, "Burung berkicau kucing kaget;  Saat mengajar jangan masgul; Ayo kita kejar target; agar  mengejar predikat unggul". 

"Buah nanas bunga melati; Oleh-oleh dari tamasya; Kerja ikhlas dari hati; Keluh kesah jangan dimanja". 

"Tulis surat memakai pensil; Dimana hendak mendapat kertas; Siapa yang ingin berhasil; mestilah dia bekerja keras (borang Peuting)".

Tombol Google News

Tags:

5 Program Studi FDK uin sgd bandung Validasi Borang ISK APS 4.0 UIN Sunan Gunung Djati Bandung