6 Tips Meraih Financial Freedom Bagi Pekerja Pemula

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

25 Oktober 2023 03:02 25 Okt 2023 03:02

Thumbnail 6 Tips Meraih Financial Freedom Bagi Pekerja Pemula Watermark Ketik
Ilustrasi seseorang meraih financial freedom. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Semakin dewasa, manusia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Namun terkadang pendapatan yang diterima tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup yang semakin melambung harganya. 

Di era perekonomian yang semakin tidak pasti, tentu meraih financial freedom menjadi impian banyak orang. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk meraih kemerdekaan finansial terutama bagi pekerja pemula dengan penghasilan yang tak seberapa besar namun kebutuhan yang semakin tinggi. 

Untuk mencapai financial freedom, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut tips penting bagi pekerja pemula supaya mampu mewujudkan impian meraih financial freedom:

1. Rajin Menabung

Menabung menjadi hal yang paling krusial untuk dapat merdeka secara finansial. Mulailah dengan menetapkan persentase berapa uang yang akan kalian gunakan untuk menabung setiap bulan. Setelah mendapatkan gaji, alokasikan sekian persen gaji tersebut untuk menabung terlebih dahulu. 

2. Memiliki Passive Income

Jangan hanya mengandalkan gaji dari pekerjaan utama sebagai pendapatan kalian. Mulailh menciptakan pendapatan pasif yang dapat menunjang penghasilan kalian. Passive income ini dapat kalian peroleh dari bekerja freelance, berbisnis, maupun berinvestasi dalam bentuk saham, obligasi, maupun reksadana. 

3. Simpan Dana Darurat

Selain menabung, kalian juga harus menyisihkan sebagian uang sebagai dana darurat. Dana ini dapat kalian gunakan untuk kejadian yang tak terduga seperti tambahan biaya berobat, perbaikan kendaraan pasca kecelakaan, maupun keadaan genting lainnya.

4. Memanfaatkan Jaminan Kesehatan

Tidak ada yang tahu kapan musibah akan terjadi. Bukan untuk membuat takut, namun tidak ada salahnya menyiapkan jaminan kesehatan sebagai investasi diri di masa depan. Pastikan asuransi kesehatan yang dimiliki memadai untuk melindungi diri dan keluarga kalian dari biaya perawatan medis yang tak terduga.

5. Lunasi Hutang

Jika kalian memiliki hutang, sisihkan gaji untuk menyicil hutang kalian. Jangan sampai hutang menghambat perjalanan kalian menuju financial freedom. Inilah pentingnya merencanakan dan mengatur pengeluaran setiap bulan. Dengan begitu kalian dapat mengetahui kemana larinya gaji kalian.

6. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Setelah mendapatkan gaji, jangan terburu-buru untuk mengeluarkan uang kalian kepada hal yang tidak penting. Cobalah mulai menerapkan gaya hidup sederhana dengan mengelola keuangan secara bijak. Aturlah skala prioritas dengan memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Financial Fredom Merdeka Finansial tips keuangan cara mengelola keuangan mengelola gaji kecil tips pekerja