8 Survei Sebut Prabowo-Gibran Unggul, Ketua TKD Jatim: Siap Menangkan Satu Putaran!

Editor: Naufal Ardiansyah

18 Desember 2023 22:30 18 Des 2023 22:30

Thumbnail 8 Survei Sebut Prabowo-Gibran Unggul, Ketua TKD Jatim: Siap Menangkan Satu Putaran! Watermark Ketik
Ketua TKD Jawa Timur Boedi Prijosoeprajitno saat memimpin rapat koordinasi di Posko TKD Jatim, Jalan Diponegoro No 9 Surabaya. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gabungan lembaga survei ternama di Indonesia kompak mengumumkan paslon Prabowo-Gibran lebih unggul dari pada dua paslon lainnya, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. 

Akhir-akhir ini ramai beredar ada delapan lembaga survei yang merilis data terkini hasil polling sementara jika Pilpres 2024 digelar hari ini. 

Hampir semua lembaga survei tersebut menyebut Prabowo-Gibran berada di top choice atau pilihan utama masyarakat pemilik hak suara. 

Berikut hasil 8 lembaga survei independen yang mencatat Prabowo-Gibran unggul:

Lembaga Survei Indonesia (LSI)
Prabowo-Gibran: 45,6 persen
Ganjar-Mahfud: 23,8 persen
Anies-Cak Imin: 22,3 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 8,3 persen

Populi Center
Prabowo-Gibran: 46,7 persen
Ganjar-Mahfud: 21,7 persen
Anies-Cak Imin: 21,7 persen
Belum memutuskan: 8,1 persen
Menolak menjawab: 1,8 persen

Poltracking Indonesia
Prabowo-Gibran: 45,2 persen
Ganjar-Mahfud: 27,3 persen
Anies-Cak Imin: 23,1 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 4,4 persen

LSI Denny JA
Prabowo-Gibran: 42,9 persen
Ganjar-Mahfud: 24,9 persen
Anies-Cak Imin: 24 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 7,7 persen

Political Statistics
Prabowo-Gibran: 43,5 persen
Ganjar-Mahfud: 27,2 persen
Anies-Cak Imin: 25,5 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 3,5 persen

Ipsos Public Affairs
Prabowo-Gibran: 42,66 persen
Ganjar-Mahfud: 22,95 persen
Anies-Cak Imin: 22,13 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 12,26 persen

Indikator Politik Indonesia
Prabowo-Gibran: 45,8 Persen
Ganjar-Mahfud: 25,6 persen
Anies-Cak Imin: 22,8 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 5,8 persen

Litbang Kompas
Prabowo-Gibran: 39,3 persen
Anies-Cak Imin: 16,7 persen
Ganjar-Mahfud: 15,3 persen
Belum menentukan pilihan: 28,7 persen

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Timur, Boedi Prijosoeprajitno, menyampaikan bahwa hasil tersebut hanyalah angka. 

Di atas kertas, kata Boedi, paslon Prabowo-Gibran memang unggul. Namun hasil survei tersebut jangan sampai membuat tim kampanye lengah dan justru bekerja santai. 

"Saat ini adalah momen kampanye. Jadi manfaatkan sisa waktu yang ada untuk terus menggaet hati masyarakat. Jadikan hasil survei tersebut sebagai bahan kampanye kita ke masyarakat bahwa Prabowo-Gibran adalah pilihan terbaik untuk Indonesia yang lebih maju," kata Boedi, Selasa (19/12/2023). 

Mantan birokrat Pemprov yang pernah merasakan tiga kepemimpinan Gubernur Jawa Timur (Imam Utomo, Soekarwo atau Pakde Karwo, dan Khofifah) tersebut semakin yakin paslon Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran. 

"Satu putaran adalah target kita semua. Kami yakin melihat perkembangan yang ada, masyarakat terutama kaum milenial akan memilih Prabowo-Gibran," ungkapnya. 

Boedi menilai bahwa cara-cara kampanye positif, kreatif, dan kaya gagasan lebih disukai masyarakat. Hal itu terbukti bagaimana program makan siang dan minum susu gratis disambut baik oleh masyarakat. 

"Saya selalu tekankan kepada temen-temen TKD Jatim, relawan dan seluruh simpatisan untuk terus berkampanye riang gembira. Kabarkan kepada masyarakat gagasan dan program Prabowo-Gibran dengan santun, dan tanpa menjatuhkan paslon lain," tegasnya. 

Ia tidak menampik bahwa Jawa Timur menjadi wilayah dengan tingkat perebutan suara yang paling sengit dan kompetitif. Jawa Timur adalah salah satu wilayah pendulang suara terbesar.

"Simpul-simpul, para tokoh Jawa Timur, kiai-bu nyai, berpihak pada kita. Bahkan kita ketahui bersama ada tiga Gubernur yang kompak mendukung Prabowo-Gibran. Beliau adalah Bapak Imam Utomo, Bapak Soekarwo atau Pakde Karwo, dan Ibu Khofifah. Ditambah lagi Wakil Gubernur Jatim Mas Emil. Insya Allah Prabowo-Gibran Menang satu putaran," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Boedi Prijosoeprajitno TKD Jatim Prabowo-gibran pilpres2024 pemilu2024 Hasil survei