Pernah Kritik Keras Menpora, Taufik Hidayat Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Kini Jabat Wakil Menpora

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 10:12 22 Okt 2024 10:12

Thumbnail Pernah Kritik Keras Menpora, Taufik Hidayat Sang Peraih Medali Emas Olimpiade Kini Jabat Wakil Menpora Watermark Ketik
Taufik Hidayat (putih) ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di era Prabowo-Gibran, Senin, 21 Oktober 2024. (Foto: Instagram @taufikhidayatofficial)

KETIK, SURABAYA – Usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka langsung mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih yang akan membantu keduanya dalam lima tahun kedepan.

Dalam kabinet tersebut terselip nama Taufik Hidayat yang didapuk menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora) mendampingi Dito Ariotedjo yang kembali menjabat sebagai Menpora.

Sosok Taufik Hidayat memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun ketenaran menantu Agum Gumelar itu bukan dibidang politik namun menjadi atlet bulutangkis.

Taufik Hidayat memiliki segudang prestasi yang mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Salah satu prestasinya Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Athena 2004 lalu.

Usai pensiun dari dunia atlet, Taufik Hidayat mulai merambah dalam dunia politik. Pria berusia 43 tahun ini masuk dalam Partai Gerindra serta beraktivitas politik dipartai berlambang garuda ini.

Diketahui sebelumnya, Taufik Hidayat sempat mencalonkan calon legislatif dalam Pemilu 2024 lalu dari Dapil Jawa Barat II. Sayangnya Taufik gagal meraih kursi ke DPR.

Taufik Hidayat juga dikenal sebagai sosok yang cukup kritis menyikapi kebijakan olahraga oleh pemerintah. Seperti saat bendera merah putih gagal berkibar dalam Thomas Cup 2020 (2021) akibat kelalaian Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI). Taufik melontarkan kritik keras kepada Menpora yang saat itu dijabat Zainuddin Amali serta KONI dan KOI. 

Nama Taufik Hidayat diumumkan Prabowo di urutan ke-55 dari total 56 wakil menteri. Suami Ami Gumilar itu akan menempati posisi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga. Taufik bakal membantu tugas Dito Ariotedjo yang kembali menjadi Menpora.

"Taufik Hidayat, Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga," ucap Prabowo saat membacakan daftar wamen di Istana Negara, Minggu, 20 Oktober 2024. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Menteri Prabowo-Gibran taufik hidayat Wamenpora Pemuda dan Olahraga Prabowo-gibran Kabinet Merah Putih