Tak Jadi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono Bakal Jadi Ketua Otorita IKN

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 19:01 22 Okt 2024 19:01

Thumbnail Tak Jadi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono Bakal Jadi Ketua Otorita IKN Watermark Ketik
Potret Basuki Hadimuljono saat menjabat sebagai Menteri PUPR. (Foto: PUPR)

KETIK, JAKARTA – Basuki Hadimuljono atau yang akrab disapa Pak Bas dikabarkan akan turut melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Basuki, yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas Kepala Otorita IKN, mengaku sedang menunggu Keputusan Presiden ihwal pengangkatan dirinya menjadi Kepala Otorita IKN.

"Saya bukan mendahului, tapi menurut Pak Sekneg, Pak Jokowi, saya masih diminta di (Otorita) IKN," kata Basuki dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Selasa 22 Oktober 2024.

Profil Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia di Kabinet Presiden Joko Widodo.

Ia dikenal sebagai sosok yang berperan penting dalam pembangunan infrastruktur besar-besaran di Indonesia sejak menjabat sebagai menteri pada tahun 2014 hingga sekarang.

Basuki lahir pada 5 November 1954 di Surakarta, Jawa Tengah. Ia adalah seorang insinyur sipil dan menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) di jurusan Teknik Geologi.

Setelah itu, ia melanjutkan studi magister dan doktoralnya di Colorado State University, Amerika Serikat, dengan spesialisasi di bidang Teknik Sipil.

Sepanjang perjalanan karirnya sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) di Kementerian PUPR, ia pernah mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari ITB dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur, terutama dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa pada 2020.

Salah satu proyek besarnya yang sangat terkenal adalah pembangunan Tol Trans Jawa dan pembangunan Ibu Kota  Nusantara (IKN).

Sepak terjang Basuki Hadimuljono

• Deputi Operasi Pengembangan Lahan Gambut (PLG ) 1 Juta hektar di Kalimantan Tengah (1997 – 1998)

• Ketua Kelompok Kerja SDA Rehabilitasi Pasca Tsunami Aceh (2004 - 2005)

• Ketua Tim Independen Penanggulangan Kerusakan Jalan Tol Purbaleunyi (2006)

• Anggota Tim Nasional Penanggulangan Kerawanan Pangan Yahukimo – Papua (2006)

• Ketua Tim Nasional Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (2006 - 2007)

• Penanggung Jawab Infrastruktur Asian Games 2018 (2015 - 2018)

Tombol Google News

Tags:

Basuki Hadimuljono Pak Bas profil Basuki Hadimuljono IKN Kepala Otorita IKN Kabinet Merah Putih Prabowo-gibran