Ai Ogura Hengkang dari Honda Team Asia Kelas Moto2, Mario Aji Berpeluang Menggantikan!

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

6 September 2023 18:05 6 Sep 2023 18:05

Thumbnail Ai Ogura Hengkang dari Honda Team Asia Kelas Moto2, Mario Aji Berpeluang Menggantikan! Watermark Ketik
Pembalap Moto3 Indonesia Mario Aji. (Foto: Honda Team Asia)

KETIK, JAKARTA – Rumor-rumor perpindahan pembalap grand prix untuk musim depan bukan hanya ramai di kelas MotoGP.

Kini sedang hangat diperbincangkan kabar mengejutkan yang menyebut rider andalan Honda Team Asia di kelas Moto2 Ai Ogura bakal pindah dari tim yang telah membesarkannya itu.

Menariknya, kepergian Ogura itu membuka kans rider Indonesia yang kini tampil bersama Honda Team Asia di Moto3 Mario Aji untuk naik kelas ke Moto2.

Pembalap asal Magetan Jawa timur itu menjadi salah satu opsi ideal menggantikan posisi Ogura yang di 2022 lalu menyelesaikan musim di posisi runner up klasemen pembalap Moto2 tersebut.

Media Motorsport berbahasa Jerman Speedweek sudah melaporkan, berdasarkan sumber terpercaya mereka di internal paddock Moto2, Ogura sudah mencapai kesepakatan resmi bakal membalap untuk tim MT Helmets-MSI di Moto2 2024.

Tim yang berbasis di Spanyol dan saat ini turun hanya di kelas Moto3 itu sudah memastikan menjalankan dua motor di kelas Moto2 musim depan. "Mereka mendapat jatah untuk menggantikan tim Pons Wegow Los40 yang resmi meninggalkan Moto2," tulis Speedweek.

Mario Aji sendiri selama ini memang disebut-sebut punya postur yang lebih ideal tampil di kelas Moto2 dibanding Moto3. Tinggi Mario Aji yang mencapai sekitar 175 cm tampak terlalu besar untuk motor Honda NSF250RW yang selama ini dia kendarai di Moto3.

Data juga menunjukkan bahwa rider papan atas Moto3 saat ini seperti Jaume Masia dan beberapa nama lain memang memiliki postur tinggi badan di kisaran hanya 165 cm.

Poin lain yang membuka peluang Mario Aji pindah ke Moto2 adalah usianya yang baru menginjak 19 tahun pada Maret tahun ini. Itu usia yang sama dengan saat Ogura dipromosikan ke Moto2 tiga tahun lalu setelah tiga musim tampil di Moto3. Ogura saat ini berusia 22 tahun.

Rekan setim Ogura di ajang Moto2 bersama Honda Team Asia saat ini, Somkiat Chantra juga tampil perdana di Moto2 2019 di usia 19 tahun.

Pembalap asal Thailand tersebut bahkan saat itu langsung loncat ke Moto2 setelah hanya satu musim tampil di Moto3. Kini Chantra telah menginjak musim kelimanya tampil di Moto2 bersama Honda Team Asia dengan usia 24 tahun.

Selain itu, peluang rekan setim Mario Aji di Moto3 saat ini yakni Taiyo Furusato menggantikan Ogura ke Moto2 juga tidak lebih besar dari Mario Aji. Pasalnya, Furusato kini baru berusia 18 tahun.

Selain itu, dengan postur 158 cm, Furusato memang lebih ideal menggeber motor Moto3. Dia kemungkinan bakal akan lebih dimatangkan terlebih dulu di kelas tersebut.

Selain itu sepanjang musim ini Honda Team Asia tampak sudah mulai melakukan regenerasi di Moto3. Pembalap asal Thailand Tatchakorn Buasri sudah mereka turunkan menemani Mario Aji dan Taiyo melalui jalur wildcard dalam tiga balapan. Dia bahkan terus turun dalam dua balapan terakhir di Austria dan Catalunya.

Hal itu seakan jadi pertanda salah satu pembalap moto3 mereka saat ini yakni Mario Aji dan Taiyo bakal dipromosikan ke Moto2. Maka, menarik kita tunggu saja kabar resminya dari Honda Team Asia.(*)

Tombol Google News

Tags:

Honda Team Asia Moto3 Moto2 MotoGP Marip Aji Ai Ogura