Amerta 2024: Menyatukan Keberagaman Mahasiswa Unair untuk Masa Depan Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

19 Agustus 2024 22:30 19 Agt 2024 22:30

Thumbnail Amerta 2024: Menyatukan Keberagaman Mahasiswa Unair untuk Masa Depan Indonesia Watermark Ketik
Para mahasiswa baru Unair terlihat bersemangat mengikuti Amerta 2024. (Foto: Humas Unair)

KETIK, SURABAYA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan gelaran Angkatan Muda Ksatria Airlangga (Amerta) yang diikuti sebanyak 8.732 Mahasiswa Baru Unair.

Ketua pelaksana Amerta 2024, Muhammad Abdi Mahesa menjelaskan acara kali ini mengusung tema “Gerbang Keberagaman Aksi Nyata Ksatria untuk Nusantara” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait keberagaman dimana mahasiswa Unair berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya dari Pulau Jawa saja.

"Ada banyak keberagamaan di Nusantara ini yang perlu kita satukan dan perlu kita perkenalkan. Sehingga teman-teman ini bisa mengetahui sekiranya budaya-budaya lain di Indonesia," jelas Abdi, Senin (19/8/2024).

 

Foto Pertunjukan kebudayaan meriahkan gelaran Amerta 2024. (Foto: Humas UnairPertunjukan kebudayaan meriahkan gelaran Amerta 2024. (Foto: Humas Unair

 

Lebih lanjut, gelaran Amerta ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa Unair untuk berbagi pandangan terkait permasalahan yang ada di daerah mereka melalui tulisan essay. Nantinya tulisan tersebut akan dikirimkan kepada presiden untuk ditindak lanjuti.

"Nanti mahasiswa baru akan menceritakan permasalahan yang dimiliki oleh daerah mereka masing-masing yang nanti akan kami bukukan dan dikirim ke presiden," tambahnya.

Abdi Mahesa berharap bahwa acara dan tema yang telah BEM rancang dapat menghilangkan pemikiran Jawa sentris di kalangan mahasiswa baru. Dengan begitu, mahasiswa baru dapat bersinergi dan bertukar pikiran untuk menghadapi Indonesia Emas 2045. 

"Saya dan juga seluruh panitia Amerta berharap bahwasanya nanti setelah Amerta 2024 ini akan lahir putra-putri terbaik daerah yang nantinya akan siap menjadi pemimpin," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unair Amerta kebudayaan Keberagaman mahasiswa baru