Arum Sabil Sosialisasi Program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha di Bangkalan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

15 Maret 2023 10:14 15 Mar 2023 10:14

Thumbnail Arum Sabil Sosialisasi Program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha di Bangkalan Watermark Ketik
Ketua Kwarda Pramuka Jatim H.M Arum Sabil memberikan sambutan usai melantik Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Bangkalan, Rabu (15/3/2023).(Dok.Pramuka Jatim)

KETIK, BANGKALAN – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur H. M. Arum Sabil melantik Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bangkalan masa bakti 2020-2025 di Kantor Pemerintah Kabupaten Bangkalan. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt. Bupati Bangkalan selaku Ketua Kwarcab Bangkalan, Pengurus dan Staf Kwarda Jatim, Forkopimda Kabupaten Bangkalan, dan jajaran pejabat terkait. 

Acara pelantikan memiliki beberapa agenda. Antara lain penyematan tanda penghargaan orang dewasa berupa Pancawarsa dan Melati, serta pelantikan Pramuka Garuda atau orang tua para Anggota Pramuka dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.

Pada kesempatan tersebut, Arum Sabil mengatakan bahwa sumber daya alam harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang andal. 

“Penduduk di Jawa Timur yang hampir 40 juta jiwa, memiliki sumber daya alam melimpah ruah dan sangat luar biasa. Namun akan menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan sumber daya manusia yang kuat dan handal," kata Arum

Arum menambahkan, salah satu cara mengembangkan sumber daya diri sendiri adalah bermanfaat untuk keluarga dan sekitar dan di Gerakan Pramuka adalah jawabannya.

Ia juga mengaku bangga melihat pelantikan Anggota Pramuka Garuda yang dihadiri oleh orang tua para mereka. Karena, salah satu pendukung Gerakan Pramuka adalah keluarga.

"Masa depan bangsa ini tergantung bagaimana generasi ini dipersiapkan, saya senang dan bangga. Di samping pada momentum ini hadir orang tua Anggota Pramuka Garuda yang dengan sabar dan ikhlas mendukung adik-adik untuk menjalankan pendidikan kepramukaan guna mewujudkan generasi andal di masa mendatang," ujar Arum. 

Ia juga memuji para orang tua yang hadir dalam kegiatan ini sebagai wajah-wajah pejuang Pramuka yang sesungguhnya.

Selanjutnya, Arum mengajak mereka bersama-sama mendukung perkembangan Gerakan Pramuka yang dimulai dari diri sendiri sejak dini. Antara lain dengan berguna di lingkungan keluarga dan dalam kehidupan bermasyarakat. 

Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil tak lupa mengingatkan bahwa semua orang harus bijak dalam memaknai perkembangan zaman, yang diiringi perkembangan kemajuan teknologi.

“Dengan majunya zaman, perkembangan teknologi, saya berpesan kepada orang tua agar mengatur dan bijak dalam memanfaatkan salah satunya media sosial, jangan sampai media sosial membuat yang dekat semakin menjauh," imbau Arum kepada peserta yang hadir. 

Sebagaimana program Kwartir Daerah yaitu Pramuka Produktif, sesuai dengan program Kwarda Jatim Tahun 2023 ini bertema Gugus Depan Produktif.

Arum mengajak seluruh elemen untuk mendukung Gerakan Pramuka menyukseskan Satu Gugus Depan, Satu Produk Wirausaha.

“Mari kita mulai fokus pada program Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha, yang dampak dari program ini mampu menyongsong Indonesia Maju, kenapa demikian? Dengan produk sehat, barang yang ramah hasil gugus depan tentunya akan membuat produktivitas semakin naik, jika berupa makanan, maka bisa lebih menyehatkan, jika berupa teknologi mampu membantu pemerintah, dan sebagainya," ujar Arum yang juga aktif dalam dunia wirausaha ini

Tak lupa, Arum mengajak seluruh anggota Pramuka untuk berlatih bersama, saling menguatkan agar Gerakan Pramuka mampu menjadi teladan bagi masyarakat.

“Jawa Timur adalah tempat kita berimprovisasi, tempat kita berlatih bersama-sama, tempat kita melakukan penguatan bersama-sama agar Gerakan Pramuka dapat hadir, bermanfaat, dan solusi handal bagi masyarakat, sehingga mampu menjadi teladan bagi gerakan pendidikan di Indonesia," tuntas Ketua Kwarda Pramuka Jatim H.M Arum Sabil.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Jatim Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil Kwarcab Bangkalan Pramuka Produktif Satu Gugus Depan Satu Produk Wirausaha