Arung Jeram Tambah Dua Medali di Porprov Jatim 2023, Ketua FAJI Kabupaten Probolinggo Janji Hadiah Umroh

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2023 15:19 11 Sep 2023 15:19

Thumbnail Arung Jeram Tambah Dua Medali di Porprov Jatim 2023, Ketua FAJI Kabupaten Probolinggo Janji Hadiah Umroh Watermark Ketik
Ketua Pengkab FAJI Kabupaten Probolinggo Mahdi saat pengalungan medali emas kepada atletnya di Balai Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Senin (11/9/2023)/Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Atlet Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Probolinggo berhasil menambah torehan medalinya di ajang Porprov Jawa Timur VIII 2023. Terbaru, tambahan dua medali berhasil disumbangkan melalui nomor slalom. 

Babak final digelar di aliran sungai Brantas, Desa Mirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto pada Senin (11/9/2023). Atlet arung jeram Kabupaten Probolinggo berhasil meraih 1 medali emas di nomor Slalom R6 putra dan 1 medali perak dari nomor slalom R4 putri. 

Mereka masing-masing berhasil menjadi yang tercepat dalam dua kali race yang menggunakan sistem best time. Dimana catatan waktu atlet arung jeram putra kabupaten Probolinggo yakni 3 menit 30,58 detik tak mampu dikejar oleh atlet arung jeram lainnya asal Kabupaten Mojokerto dan Banyuwangi yang terpaut waktu 1 menit lebih.

Sedangkan di nomor slalom R4 putri, atlet arung jeram putri kabupaten Probolinggo harus puas meraih perak usai kalah cepat dari atlet arung jeram asal kota Surabaya yang notabene tim unggulan. Catatan waktu selama 4 menit 17,31 detik tidak dapat dikejar oleh para atlet arung jeram kabupaten Probolinggo yang hanya mencatatkan waktu 5 menit 17,82 detik.

Namun raihan itu masih lebih baik dibanding catatan waktu atlet arung jeram asal Banyuwangi yang berada di posisi ketiga dengan waktu 5 menit 35,66 detik. 

Ketua Pengkab FAJI Kabupaten Probolinggo Mahdi mengungkapkan, ucapan terima kasihnya atas raihan medali yang disumbangkan para atletnya. Pasalnya peta persaingan arung jeram di Porprov tahun ini memang lebih ketat. Namun, hal itu mampu disikapi dengan baik oleh jajaran pelatih dan atlet dengan menampilkan performa terbaiknya. 

"Alhamdulillah, hari ini para atlet kami mampu tampil luar biasa dan menyumbangkan medali terbaiknya. Hal ini patut disyukuri, lantaran peta persaingan dicabor ini memang cukup ketat," ungkapnya, Senin (11/9/2023). 

Disebutkannya, meski telah meraih dua medali emas dari nomor head to head dan slalom ini, namun masih ada satu nomor lagi yang harus ditutup dengan raihan medali emas. Yakni nomor Down River Race (DRR).

Dimana pada nomor tersebut bukan hanya mengandalkan teknik mendayung, tapi juga mutlak menguji ketahanan fisik dari atlet untuk mengarungi jeram sungai sepanjang beberapa kilometer.

"Semoga performa bagus ini bisa tetap dipertahankan. Sehingga target medali emas di tiga nomor berbeda bisa diraih," sebutnya.

Lebih lanjut, anggota DPRD Propinsi Jawa Timur itu menegaskan kembali janjinya yakni dengan akan memberangkatkan ibadah umroh kepada para atlet arung jeram, jika berhasil meraih total 3 medali emas.

"Tinggal satu medali lagi, menuju tiket untuk berangkat umroh," katanya. 

Dengan tambahan dua medali itu, FAJI Kabupaten Probolinggo secara total telah mengoleksi sebanyak 2 medali emas dan 3 medali perak bagi kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo. (*) 

Tombol Google News

Tags:

porprovjatim2023 arungjeram faji probolinggo Jawa timur arung jeram Porprov Jatim 2023