Arus Balik Gratis, Dishub Jember Sebut Tingkat Kepadatan 40 Persen

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Rudi

29 April 2023 08:28 29 Apr 2023 08:28

Thumbnail Arus Balik Gratis, Dishub Jember Sebut Tingkat Kepadatan 40 Persen Watermark Ketik
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Agus Wijaya, Sabtu (29/4/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember memprediksi arus balik dari Jember ke Surabaya terpecah menjadi 2 tingkat kepadatan, yaitu 25 April dan 29 April 2023.

Hal itu dipaparkan langsung oleh Kadishub Kabupaten Jember Agus Wijaya usai memberangkatkan peserta mudik arus balik gratis yang diadakan di Jember pada Sabtu (29/4/2023).

Lokasi pemberangkatan mudik arus balik gratis dari Jember, Lumajang, Probolinggo, dan Surabaya ini dilakukan di halaman Polres Jember yang bekerja sama dengan Polda Jatim. Serta di halaman Pemkab Jember yang bersinergi dengan Ikatan Alumni Unair Cabang Jember dan PT Pelindo.

Jumlah pemudik arus balik gratis di kedua lokasi tersebut, kali ini okupansinya hanya mencapai 40 persen. Dengan masing-masing armada yang disediakan sejumlah 5 bis dan 3 bis.

“Penumpang yang dari Polres sekitar 40 persen dan ini (halaman Pemkab Jember) masih sama ada sekitar 40 persen. Artinya memang prediksi angkutan arus balik dari Jember-Surabaya ada 2 tingkat kepadatan,” ujar Agus usai memberangkatkan para pemudik.

Hal ini merupakan bentuk upaya pemerintah pusat untuk memecah tingkat kepadatan lalu lintas saat puncak arus balik di tahun 2023.

“Pemerintah pusat melaksanakan cuti tambahan bagi pegawai negeri di pemerintah pusat. Kita di daerah hanya melaksanakan cuti apa yang sudah ditentukan, sehingga kepadatannya ya pada  Selasa (25/4/2023),” kata Agus.

Agus menyatakan jika diadakan mudik arus balik gratis pada Sabtu (29/4/2023) pagi sudah sesuai dengan rencana dan prediksi kepadatan arus balik. “Sehingga kita melakukan arus balik gratisnya tepat sasaran sesuai prediksi,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus balik kedua Jember Kadishub