Asosiasi Pangan Jatim Mengadukan Nasib Petani Saat Momen Sedekah Bumi

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Rudi

6 Maret 2023 03:46 6 Mar 2023 03:46

Thumbnail Asosiasi Pangan Jatim Mengadukan Nasib Petani Saat Momen Sedekah Bumi Watermark Ketik
Jumantoro, Ketua Asosiasi Pangan Jatim, memberikan seikat gabah kepada Bupati Hendy (Foto: Fenna/ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember menggelar acara sedekah bumi yang membagikan hasil tani secara cuma-cuma kepada masyarakat Jember, Sabtu (4/3/2023). Acara digelar di Alun-alun Jember dengan durian lokal sebagai ikon.

Pada kesempatan itu, sejumlah petani yang tergabung dalam Asosiasi Pangan Jawa Timur turut membagikan 1 kg beras sebanyak 100 kantong. Hal itu merupakan bagian dari tujuan utama dari acara sedekah bumi. Hal itu dibeberkan oleh Jumantoro selaku Ketua Asosiasi Pangan Jawa Timur usai acara sedekah bumi.

Jumantoro mengaku dalam kesempatan ini ia ingin bertemu dengan bupati untuk memberikan seikat gabah. Harapannya Bupati Jember dapat memperjuangkan harga gabah yang saat ini turun. 

Ia mengungkapkan harga gabah terus turun sejak seminggu  lalu. “Satu bulan yang lalu harga  Rp 5.200 - Rp 5.700. Alhamdulillah hari ini harga gabah  Rp4.000 - Rp4.400,” terangnya.

Jumantoro menuturkan, petani sedang memperjuangkan harga pembelian pemerintah (HPP), saat ini justru harga gabah turun. Hal itu sangat merugikan para petani, karena harga gabah murah sedangkan harga beras semakin tinggi.

Pria itu merasa pemerintah hanya memberikan janji-janji saja untuk memberdayakan para petani. Namun tidak ada tindakan berarti yang dirasakan langsung oleh petani.

“Kami (petani) berharap pemerintah ini peduli dengan nasib petani, jangan hanya jargon saja. Pada kenyataannya saat harga gabah jatuh tak ada yang peduli dengan petani,” ujar Jumantoro.

Menurut Jumantoro, saat ini baru memasuki panen, ia akan terus memperjuangkan harga gabah sebelum panen raya. Ia menuturkan akan melakukan unjuk rasa jika nantinya saat panen raya harga gabah belum kunjung naik. 

“Kalau panen raya murah (harga) mungkin para petani akan duduk-duduk di sini (Kantor Pemkab) bersama-sama agar Pak Bupati memperjuangkan nasib petani yang semakin tak berdaya,” tandasnya.

Menanggapi aduan dari Jumantoro, Bupati Hendy saat ditemui,  akan mengupayakan nasib para petani. “Agar supaya petani kita makmur dan sejahtera,” pungkas Bupati Hendy usai acara sedekah bumi.(*)

Tombol Google News

Tags:

petani sejahtera Jember Asosiasi Pangan Jawa Timur Bupati Hendy