Atap Kelas SD di Jember Jadi Sarang Ular, Siswa Belajar di Luar Ruangan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

30 November 2023 09:48 30 Nov 2023 09:48

Thumbnail Atap Kelas SD di Jember Jadi Sarang Ular, Siswa Belajar di Luar Ruangan Watermark Ketik
Satu ular berhasil dievakuasi dari atap Sekolah Dasar Negeri Suci 5, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Kamis (30/11/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Kabar menghebohkan datang dari Sekolah Dasar Negeri Suci 5, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Bagaimana tidak, atap ruang kelas terdapat sejumlah ular yang bersarang.

Dalam video berdurasi 40 detik yang beredar di aplikasi pesan singkat terlihat sejumlah murid SDN 5 Suci yang melaporkan ada tiga ekor ular yang bersarang di ruang kelas pada gurunya. Ciri-ciri ular tersebut berwarna gelap dengan bagian perut warna putih.

Para murid mendapati keberadaan ular ketika jam istirahat sekitar pukul 10.00 WIB pada Rabu (29/11/2023). Diduga ular bersarang di atap kelas karena sekolah bersebelahan dengan kebun yang lebat, kondisi kelas lembab, atap lapuk, dan banyak dahan pepohonan yang bersentuhan dengan genteng.

Karena pihak sekolah tidak mampu menangkap ular tersebut, sehingga meminta bantuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Jember pada keesokan harinya, Kamis (30/11/2023).

Satu ular berhasil dievakuasi Damkar dari atap ruang kelas. "Tadi kami sudah menyisir seluruh ruangan ternyata tidak ketemu yang dua," jelas Subhan Winardi Komandan Regu Posko Rambipuji UPT Damkar.

Tim evakuasi merasa kesulitan karena posisi ular yang berada di atas menyulitkan ruang gerak mereka. "Kita kejar-kejaran dengan ular tadi," imbuh pria yang akrab disapa Winardi.

Sementara, Kepala Sekolah SDN Suci 5, Martin Eni Susilowati mengaku para murid melapor melihat ular tidak hanya di ruang kelas 1 itu saja. "Anak-anak ada juga yang melaporkan ada (ular) di dalam lemari ruang kelas 3," paparnya. 

Menurutnya ular itu mulai bermunculan saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Karena kondisi kelas yang membahayakan keselamatan murid, untuk sementara kegiatan belajar mengajar berlangsung di luar ruang kelas. 

"Penanganan sementara karena kondisi kelas yang tidak memungkinkan, atap kelas sudah banyak yang lapuk, jadi anak-anak kita evakuasi belajar di luar ruangan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

SDN Suci 5 Panti Jember jadi sarang ular kegiatan belajar mengajar terganggu siswa belajar di luar kelas Gedung sd lapuk