Bangga, Dua Wasit Wanita Asal Jatim Diundang FIBA

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Arief

13 Juni 2023 03:25 13 Jun 2023 03:25

Thumbnail Bangga, Dua Wasit Wanita Asal Jatim Diundang FIBA Watermark Ketik
Dua wasit wanita asal Jatim, Via Diah Rohmana (dua dari kanan) dan Septiana Dwi Putri (dua dari kiri) mendapat kesempatan upgrade kemampuan dari FIBA. (Foto: M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dua wasit basket wanita asal Jawa Timur Via Diah Rohmana dan Septiana Dwi Putri diundang Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) untuk menjalankan misi berbeda.

Via terpilih menjadi wasit di Kejuaraan Asia Wanita FIBA U-16 2023 di Amman, Yordania pada 10-16 Juli 2023. Adapun Septiana mengikuti penataran wasit di Tiongkok pada 22-25 Juni mendatang.

Septiana tidak sendiri mengikuti penataran wasit di Tiongkok. Ada lima wasit perempuan asl Indonesia lainnya, yang salah satunya dari Bali. Selain mengikuti penataran wasit internasional, wasit asal Indonesia ini akan dilibatkan pada ajang National League U-23.

“Dari event-event nasional yang sudah berjalan, mungkin ini sebuah penghargaan buat saya. Dengan mendapat kesempatan dan terpilih mengikuti penataran wasit FIBA tentu ini menjadi tantangan bagi saya," kata Septiana, Selasa (13/6/2023).

Septiana menjelaskan selama mengikuti penataran tersebut dirinya akan mempelajari beberapa aturan terbaru untuk 3x3.

"Kami akan mempelajari beberapa aturan terbaru untuk 3x3 ini. Persyaratan dari FIBA lainnya, kami dianjurkan bisa berbahasa Inggris. Kalau untuk tes fisik, kami langsung praktik di event,” tambah wanita 25 tahun itu.

Sementara itu, Via Diah menuturkan akan menjaga kondisi fisiknya lantaran cuaca di Yordania berbeda dibandingkan Tanah Air. Dia menyebutkan serangkaian tes akan dilakoninya sebelum memimpin pertandingan.

“Terkait fisik nanti ada beep test, itu diutamakan menjadi bagian dari menjaga fisik. Kalau beep test bagus, bisa jadi penunjang. Kemudian ada terus knowledge test. Yang jelas harus bisa speaking (bahasa Inggris),” jelasnya.

Wasit asli Trenggalek ini akan bertugas memimpin jalannya pertandingan Kejuaraan Asia Wanita FIBA U-16 tahun 2023 sebagai wasit netral. Via Diah mempunyai jam terbang tinggi sebagai wasit.

Di antaranya pernah memimpin pertandingan Indonesian Basketball League (IBL), Southeast Asia Women Basketball League (SWBL). Terbaru, dia menjadi wasit SEA Games 2023 di Kamboja lalu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Basket FIBA Wasit Wanita PERBASI Jawa timur