Bappedalitbang Kembangkan Aplikasi BIG RICE

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Mustopa

2 Agustus 2023 10:28 2 Agt 2023 10:28

Thumbnail Bappedalitbang Kembangkan Aplikasi BIG RICE Watermark Ketik
Ilustrasi aplikasi BIG RICE yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, Rabu (2/8/2023). (Foto: Pinterest.com)

KETIK, BLITAR – Pemkab Blitar melalui Bappeda sebagai perangkat daerah pengampu urusan penelitian dan pengembangan meluncurkan aplikasi sistem informasi kelitbangan BIG ICE (Blitar Regency Innovation Center) pada tahun 2020. Lalu di tahun 2021 BIG ICE bertransformasi menjadi BIG RICE dan terus dikembangkan hingga saat ini.

"Mengacu Peraturan Mendagri No 17 Tahun 2016 soal Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah Pasal 47, bahwa penyelenggaraan kelitbangan menggunakan basis data kelitbangan dengan sistem aplikasi kelitbangan," jelas Kepala Bappedalitbang Kabupaten Blitar Dr. Jumali, S.Pd., MAP melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Arisanti, Rabu (2/8/2023).

Menurut Arisanti, aplikasi BIG RICE merupakan inovasi sentralisasi data kelitbangan yang meliputi kajian dan inovasi melalui aplikasi website BIG RICE. "Tujuan dari inovasi BIG RICE adalah tersedianya media inventarisasi data kelitbangan (database) yang meliputi kajian dan inovasi secara tersentral," ujarnya.

Website BIG RICE Kabupaten Blitar diakses pada https://bigrice.blitarkab.go.id/. Saat ini, website aplikasi BIG RICE digunakan sebagai media sosialisasi dan diseminasi hasil kelitbangan.

“Aplikasi BIG RICE ini sebuah inibasi sentralisasi data kelitbangan yang meliputi kajian dan inovasi. Ini sudah menjadi tugas kami yang ada di Bappedalitbang Kabupaten Blitar. Tujuannya sebagai media inventarisasi data kelitbangan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Arisanti menyebut website BIG RICE digunakan sebagai alat bantu dalam pelaksanaan Lomba Kreativitas. Selain itu untuk Inovasi dan Teknologi (KRENOTEK) Kabupaten Blitar, sebagai media sosialisasi, memfasiliasi pendaftaran.

“Website ini juga bisa digunakan untuk alat bantu dalam pelaksanaan lomba Krenotek di Kabupaten Blitar,” ucapnya.

Sekadar diketahui, dalam menjalankan peran dan fungsinya, lembaga litbang yang ada di setiap kabupaten/kota dituntut untuk bisa melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Kehadiran lembaga lembaga litbang baik dari pemerintah maupun non pemerintah merupakan potensi sumber daya kelitbangan yang dapat memperkuat kelitbangan Pemerintah Daerah.

Dengan membangun jejaring komunikasi antar lembaga litbang dan berbagai pemangku kepentingan terkait, diharapkan mampu melahirkan sinergi serta berkontribusi dalam pembangunan.(*)

Tombol Google News

Tags:

BIG RICE Bappedalitbang Kabupaten Blitar