Batuk Karena Polusi Udara, Gunakan Bahan Alami Ini Untuk Mengatasinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2023 23:00 13 Sep 2023 23:00

Thumbnail Batuk Karena Polusi Udara, Gunakan Bahan Alami Ini Untuk Mengatasinya Watermark Ketik
Mengatasi batu dengan bahan alami. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini polusi udara tengah menjadi perhatian, hal ini tentu saja berhubungan dengan kesehatan masyarakat yang dapat terancam. Seperti yang kita ketahui polusi udara dapat berdampak negatif terhadap kesehatan terutama saluran pernafasan.

Banyak penyakit yang dapat timbul karena twrlaku sering menghirup udara yang tercemar, salah satunya adalah batuk. Polusi udara dapat mengaktifkan protein reseptor atau TRPA1 yang berada di paru-paru manusia. Dengan aktifnya TRPA1 ini saraf sensorik akan memicu reflek batuk. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan alami yang dapat jamu gunakan untuk meredakan batuk karena paparan polusi udara. 

1.Madu

Sejak dahulu madu dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, Salah satunya batuk. Madu memiliki kandungan yang dapat melembabkan tenggorokan dan mengurangi batuk. Untuk cara mengkonsumsinya dapat dengan langsung meminum atau mencampurkannya ke dalam teh maupun susu hangat.

2. Teh Jahe

Teh jahe selain dapat menenangkan tubuh, ternyata juga dapat meringankan batuk kering. Teh ini dapat dikonsumsi menjelang tidur untuk meredakan batuk akibat polusi udara. Selain itu teh ini juga berkhasiat untuk membuat tidur terasa nyaman sehingga saat bangun keesokan pagi tubuh terasa lebih segar.

3. Cuka Apel

Cuka apel mengandung bahan aktif antibakteri yang disebut asam asetik yang dapat menyembuhkan batuk karena paparan polusi udara. Zat ini mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Untuk mengkonsumsinya kamu dapat mencampurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat.

4. Buah Anggur

Buah anggur mengandung sifat ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu dapat langsung mengkonsumsinya atau diolah terlebih dahulu menjadi jus.

5. Kacang Almond

Tak banyak mengetahui, bahwa kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami lho. Jenis kacang-kacangan ini juga bisa mulai dari mengatasi sembelit, anemia, diabetes, gangguan jantung, bahkan sakit ringan seperti batuk.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan batuk Polusi Udara bahan alami Madu teh cuka apel kacang almond