Hubungan Antara Diabetes Tipe 2 dengan Asma, Berikut Temuan Terbaru dari Ahli

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2024 18:30 11 Sep 2024 18:30

Thumbnail Hubungan Antara Diabetes Tipe 2 dengan Asma, Berikut Temuan Terbaru dari Ahli Watermark Ketik
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan.(Foto:Kemenkes)

KETIK, SURABAYA – Penelitian terbaru mangungkapkan bahwa individu dengan diabetes hampir dua kali lebih berisiko terkena asma dibandingkan mereka yang tidak menderita diabetes.

Fakta itu terungkap berdasarkan studi terbaru yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan European Association for the Study of Diabetes (EASD) di Madrid, Spanyol.

Selain itu juga terdapat fakta mengejutkan bahwa pasien dengan asma memiliki peluang 28 persen lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2. Studi ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari 17 juta peserta melalui meta-analisis dari 14 penelitian berbeda, serta meninjau empat basis data jurnal medis.

Dilansir dari Medical Daily, Rabu, 11 September 2024, Dr. Nam Nguyen, selaku pemimpin penelitian tersebut mengatakan hasil penelitian ini memang masih perlu pemahaman secara mendalam. Oleh sebab itu dirinya perlu penelitian lebih lanjut untuk dapat memastikannya.

"Hubungan antara diabetes dan asma masih belum sepenuhnya dipahami, dan ini menekankan pentingnya penelitian lebih lanjut," jelas Nam Nguyen, Rabu 11 September 2024.

Lebih lanjut, Nam Nguyen menambahkan asma maupun diabetes tipe 2, keduanya berdampak signifikan terhadap kualitas hidup pasien. Apalagi kedua penyakit tersebut merupakan masalah kesehatan global yang kasusnya terus meningkat.

Faktor yang memperburuk risiko kedua kondisi ini, seperti hipertensi dan dislipidemia (kadar lemak darah yang tidak sehat seperti kolesterol tinggi). Faktor-faktor ini dapat memperburuk kondisi asma dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada pasien yang sudah mengalami asma.

"Penelitian ini menyoroti bahwa keparahan asma berkaitan dengan risiko yang lebih tinggi terkena diabetes tipe 2," paparnya.

Oleh sebab itu, berdasarkan penelitian tersebut para peneliti menghimbau bagi para penderita diabetes tipe 2 dan penyakit asma untuk waspada dan menjalani pemeriksaan kesehatan guna mengantisipasi adanya resiko kesehatan yang lebih parah.

"Perlunya strategi pencegahan, termasuk skrining pra-diabetes dan penanganan yang lebih dini," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Diabetes tipe 2 Asma penelitian Pemeriksaan Kesehatan kolesterol