Bebas Aksi Pelonco, Unesa Sambut Mahasiswa Baru dengan Cara Berbeda dari Kampus Lain

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 Agustus 2024 12:21 25 Agt 2024 12:21

Thumbnail Bebas Aksi Pelonco, Unesa Sambut Mahasiswa Baru dengan Cara Berbeda dari Kampus Lain Watermark Ketik
Kemeriahan pembukaan Pekan Raya Mahasiswa oleh Rektor Unesa, Nurhasan. (Foto: Dok. Unesa)

KETIK, SURABAYA – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) biasanya identik dengan aksi pelonco, tapi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) punya cara berbeda.

Dalam menyambut mahasiswa baru, salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya ini menggelar Pekan Raya Mahasiswa pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa. Aktivitas ini diselenggarakan agar mahasiswa baru semakin bersemangat menyambut semester baru dengan suasana yang menyenangkan.

Rektor Unesa Prof Nurhasan mengatakan, pekan raya mahasiswa ini juga bagian dari penyambutan mahasiswa baru. Selama seminggu ke depan akan ada banyak kegiatan menarik yang fokus pada peningkatan prestsi akademik.

"Kuliah itu kan belajar dan perbanyak pengalaman. Dinikmati prosesnya, fokus pada cita-cita dan raihlah prestasi sebanyak-banyaknya," kata Nurhasan, Minggu, 25 Agustus 2024.

Pria yang akrab disapa Cak Hasan ini menambahkan, pihaknya berusaha melakukan penyelenggaraan PKKMB yang berbeda dan menyenangkan dibandingkan universitas lain.

Hal ini bertujuan untuk membuat mahasiswa yang akan memasuki bangku kuliah merasa diterima dan disambut dengan baik di Unesa.

"Pada PKKMB kali ini kami akan membuat mahasiswa baru merasakan kehangatan di Unesa, sehingga nantinya mereka bisa belajar dengan baik selama di perkuliahan," tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Muhamad Sholeh, menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk civitas, mahasiswa baru, dan alumni.

Untuk mahasiswa baru misalnya ada pengenalan unit kegiatan mahasiswa atau UKM di lingkungan Unesa. Sementara untuk alumni yang baru saja lulus disiapkan career fair, bekerja sama dengan sekitar 30 perusahaan.

"Untuk mahasiswa baru ada UKM yang bisa menjadi wadah minat bakat mereka atau melatih soft skill," tuturnya.

"Ada sekitar 1.700-an alumni yang mendaftar dan mereka langsung diwawancarai perusahaan. Career fair berlangsung Senin-Selasa, 26-27 Agustus 2024," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa PKKMB