Bekerja Sama dengan KBS, Buper Glagah Arum Akan Dilengkapi Penangkaran Rusa

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

6 Juni 2023 05:37 6 Jun 2023 05:37

Thumbnail Bekerja Sama dengan KBS, Buper Glagah Arum Akan Dilengkapi Penangkaran Rusa Watermark Ketik
Wabup Lumajang Ir.Hj. Indah Amperawati ketika berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum Senduro akan segera dilengkapi dengan taman satwa, tepatnya penangkaran rusa. Ini hanya langkah pertama, selanjutnya Buper Glagah Arum juga akan dilengkapi dengan satwa lainnya.

"Awal saya akan mengisi kandang rusa yang ada di Bumi Perkemahan Glagah Arum. Kemudian, Insyaallah ini akan berkembang," jelas Wabup Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati usai kunjungan kerja di Kebun Binatang Surabaya, Senin (5/6/2023).

Bunda Indah, panggilan akrabnya mengatakan, kunjungan tersebut untuk membangun rencana kerja sama dengan Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk mendapatkan satwa rusa.

Selain itu, pihaknya menyambut baik saran atau ide yang disampaikan oleh direktur PDTS KBS mengenai pembangunan taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo (Kebun Binatang Mini) di Kabupaten Lumajang. 

"Ada saran dan ide terkait pembangunan taman konservasi dari dirut KBS, tentu ini butuh sharing, edukasi yang tidak mudah, tetapi perlu semangat untuk membangun itu di Lumajang," terang dia.

Sementara itu, Direktur Utama PDTS KBS Choirul Anwar mengatakan, bahwa dirinya menilai Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan taman konservasi.

"Potensi Lumajang ini hampir kurang lebih 60 persen masih dalam bentuk hutan lindung, dan kebutuhan untuk membangun taman konservasi sangat potensial untuk dikembangkan di daerah," kata Choirul Anwar. 

Choirul Anwar berharap, Lumajang nantinya dapat membangun dan mengembangkan taman konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau yang lebih besar.

"Ke depan, mudah-mudahan Lumajang dapat mendirikan lembaga konservasi dalam bentuk Mini Zoo atau model safari," harapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wabup Lumajang Bumi Perkemahan Glagah Arum Kebun Binatang mini Lumajang berita lumajang hari ini