Belum Ada Bacakada Kota Malang Kantongi Rekomendasi PDIP, Bagaimana Kabar Sutiaji?

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

15 Agustus 2024 09:40 15 Agt 2024 09:40

Thumbnail Belum Ada Bacakada Kota Malang Kantongi Rekomendasi PDIP, Bagaimana Kabar Sutiaji? Watermark Ketik
Sutiaji, Mantan Wali Kota Malang yang dikabarkan akan maju Pilkada bersama PDI Perjuangan. (Foto: instagram @sam.sutiaji)

KETIK, MALANG – Mantan Wali Kota Malang, Sutiaji diisukan akan diusung oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada 2024. Kabar tersebut langsung dibantah oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Riandiana Kartika. 

Made menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada bakal calon kepala daerah Kota Malang yang mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. 

"Terkait Pilkada Kota Malang itu memang kami menyerahkan ke DPP. Dengan fenomena di Kota Malang ini, tidak ada satu calon pun yang mengantongi rekomendasi. Masih sebatas mendapatkan dukungan," ujar Made, Kamis (15/6/2024). 

DPP PDIP sendiri akan mengumumkan bacakada dalam tiga tahap. Tahap pertama telah dilakukan pada 14 Agustus 2024 lalu. Menurut Made Bacakada Kota Malang baru diumumkan pada tahap kedua maupun ketiga. 

"Dari DPC PDIP Kota Malang juga belum memberikan surat tugas ke satu orang pun. Artinya, kalau surat tugas sudah diberikan, berarti sudah ada calon kuat yang akan diusung dalam Pilkada nanti," lanjutnya. 

Dengan demikian PDIP belum memiliki calon pasti yang akan diusung ke Pilkada 2024 Kota Malang, termasuk kabar terkait Sutiaji. Kendati demikian ia telah melakhkan komunikasi intens dengan berbagai partai. Mulai dari Demokrat, Golkar, PAN, Nasdem, yang juga belum punya pasangan calon. 

"Oleh DPP kami diarahkan berkoalisi dengan beberapa partai politik. Kami intens komunikasi dengan Golkar tapi menunggu nanti seperti apa. Kemudian Gerindra dan PSI, dua parpol ini mengatakan belum ada rekomendasi resmi yang turun," lanjutnya. 

Made menjelaskan beberapa calon dari jnternal partai telah melakukan pemanasan dan pendeklarasian untuk maju di Pilkada Kota Malang. 

"Seperti Mbak Ganis yang akan berdeklarasi dengan relawannya. Tapi ini bukan deklarasi partai, dan sudah ada pemberitahuan ke DPC, kami persilahkan," katanya. 

Sementara itu, Sutiaji saat dikonfirmasi belum dapat berkomentar banyak terkait kabar tersebut. "Tunggu aja 27 Agustus 2024 nanti seperti apa," tutur Sutiaji.

Tombol Google News

Tags:

Sutiaji Kota Malang Rekomendasi PDI Perjuangan pdi perjuangan Kepala daerah #Pilkada2024