Berawal dari Hobi, Gadis Muda Pacitan Ini Sukses Rintis Usaha Minuman Ocean Tea

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Naufal Ardiansyah

11 Februari 2024 00:39 11 Feb 2024 00:39

Thumbnail Berawal dari Hobi, Gadis Muda Pacitan Ini Sukses Rintis Usaha Minuman Ocean Tea Watermark Ketik
Citra tengah meracik minuman segar khas buatannya, pesanan dari pembeli. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Di tengah era digital ini, banyak peluang usaha yang bisa dirintis dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu contohnya adalah kisah inspiratif dari seorang gadis asal Pacitan, Jawa Timur, bernama Citra.

Mbak Citra sapaan akrabnya, berhasil merintis bisnis minuman segar bernama "Ocean Tea" sejak dua tahun lalu.

Berawal dari kegemarannya meramu minuman segar untuk keluarga, ia kemudian memutuskan untuk membuka bisnis dan mempromosikannya secara online melalui media sosial.

"Awalnya saya coba-coba sering buat minuman dirumah. Terus nyoba jual Es Teh segar ke teman-teman di WhatsApp. Ternyata responnya positif, banyak yang suka dengan rasanya," ungkap Citra, Sabtu (10/2/2024). 

Bermodalkan uang Rp6 juta rupiah hasilnya menabung. Gadis berusia 22 tahun itu melengkapi kebutuhan mulai dari membeli bahan baku hingga peralatan lainnya secara bertahap.

"Sebenernya, pokok mau jualan Es Teh aja, tapi karena banyak yang mau variannya ditambahin. Akhirnya ada varian baru, rasa lain, kayak yang series susu, series kopi juga ada," sambungnya kepada Ketik.co.id.

Foto Pembeli, Apip (21) tampak sumringah berkat pelayan Citra yang begitu ramah. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pembeli, Apip (21) tampak sumringah berkat pelayan Citra yang begitu ramah. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Semenjak itu, dia mulai bereksperimen soal rasa dengan menambah varian baru, pemberian topping dan lainnya.

"Ya tentunya banyak testimoni. Jangan sampai pas dijual rasanya aneh," jelas gadis berparas cantik itu.

Dia menyebutkan bahwa, Ocean Tea miliknya, kini menghadirkan berbagai pilihan minuman segar. Dari Series Tea klasik seperti Teh Original, Lemon, Markisa, Lecy, Mint, dan Teh Susu.

Sedangkan Milk Series yang lezat dan creamy, ada seperti rasa Coklat, Red Velvet, Taro, Greentea, Vanilla, dan berbagai pilihan Mix Milk Series lainnya.

Bagi pecinta kopi, Coffee Series Ocean Tea menawarkan Es Kopi Hitam, Boba Brown Sugar, Kopi Susu Gula Aren, dan Kopi Susu Caramel yang siap memanjakan lidah Anda.

Bagi pembeli juga dapat menambahkan berbagai topping favorit seperti Boba, Strawberry Squash, Keju, Lemon Squash, Blue Squash, Regal, Oreo, dan Meses untuk membuat minuman semakin istimewa.

Harganya pun cukup terjangkau, untuk varian teh Rp5 ribu, varian milk series, Rp5-Rp15 ribu. Untuk tambahan topping, Rp2 ribu.

"Minuman ini bisa menghilangkan dahaga. Utamanya dibanding produk lain, ini Insyaallah rasanya lebih mantap, campuran susunya sangat kerasa," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Dinda semakin berkembang pesat. Kini, terhitung jumlah penjualannya mencapai ratusan cup per hari, meliputi pemesanan secara online atau pembeli yang sekadar singgah di lapaknya yang berada di Jalan Buana Keling, Desa Sirnoboyo.

"Yang beli kalau sehari 100an cup sih ada. Alhamdulillah, sekarang Es Ocean Tea sudah banyak dikenal orang. Omzetnya pun terus meningkat," tutup Citra.

Sementara itu, Citra juga ingin menunjukkan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan kegigihan, siapapun bisa meraih kesuksesan dalam membangun bisnis.

"Bagi yang muda tidak usah takut mencoba, ngga usah malu. Intinya tlaten, ramah dan jangan lelah menawarkan," pungkas Citra menutup perbincangan.

Berikut beberapa tips dari Citra bagi para pemula yang ingin merintis bisnis:

  • Mulai dari hal kecil, tak perlu langsung besar-besaran, mulailah dari hal kecil dengan modal yang terbatas.
  • Tekun dan pantang menyerah, dalam membangun bisnis, pasti ada rintangan dan hambatan. Jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha.
  • Gunakan teknologi, manfaatkan media sosial dan platform online untuk memasarkan produk dan menjangkau pelanggan yang lebih luas.
  • Berinovasi, selalu berinovasi dengan menghadirkan produk baru dan mengikuti tren pasar.
  • Berikan pelayanan terbaik, utamakan pelayanan yang ramah dan memuaskan kepada pelanggan. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Ocean Tea Minuman Segar di Pacitan Citra pacitan Tips bisnis minuman