Berkontribusi Membangun Pendidikan Lumajang, UIN KHAS Dianugerahi Lencana Amreta Brata

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

19 Agustus 2023 10:15 19 Agt 2023 10:15

Thumbnail Berkontribusi Membangun Pendidikan Lumajang, UIN KHAS Dianugerahi Lencana Amreta Brata Watermark Ketik
Penyerahan Lencana Amreta Brata Wira Bhakti oleh Bupati Lumajang Cak Thoriq kepada Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Dedikasinya membangun pendidikan di Lumajang, Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Prof. Babun Suharto, menerima penghargaan Lencana 'Amreta Brata Wira Bhakti' dari Pemkab Lumajang.

Amreta Brata Wira Bhakti berasal dari bahasa Kawi, yang bermakna kebajikan yang kekal abadi sebagai sikap perbuatan ksatria dan penuh pengabdian.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Lumajang, Cak Thoriq, usai upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di Alun-alun Kota Lumajang pada Kamis (17/8/2023).

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi UIN KHAS Jember menyumbangkan jasa dan pikirannya untuk peningkatan dan pembangunan pendidikan. Salah satunya dengan mendirikan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di atas lahan seluas 100 hektar yang terletak di Desa Kandang Tepus, Senduro, Kabupaten Lumajang.

"Terima kasih kepada Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Babun, atas upaya menghadirkan Perguruan Tinggi KHDTK UIN KHAS Jember di Lumajang," terang Cak Thoriq.

Selain Rektor UIN KHAS Jember, total ada 13 Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang juga mendapatkan penghargaan tersebut.

Sementara itu, Prof. Babun berterima kasih atas apresiasi Pemkab Lumajang. Menurutnya, Ikhtiar mendirikan KHDTK UIN KHAS Jember, dalam rangka mempermudah masyarakat dalam memperoleh pendidikan, terlebih untuk menebar syi'ar Tridharma Perguruan Tinggi.

Soal penghargaan tersebut, bukan semata-mata karena usahanya sendiri, melainkan hasil dari kerja tim Sivitas akademika UIN KHAS Jember.

Prestasi itu kemudian dipersembahkan untuk keluarga besar UIN KHAS Jember. "Ini bukan semata-mata prestasi saya, saya persembahkan penghargaan ini untuk seluruh sivitas akademika UIN KHAS Jember," tegasnya.

Saat disinggung soal tindak lanjut pembangunan kampus di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) itu, Prof. Babun menjelaskan, kini pihaknya tengah memproses penataan batas. Kemudian akan diproses penyusunan master plan pendirian gedung.

"Semoga semuanya berjalan sesuai rencana," tutupnya berharap.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember KHTDK Kampus Lumajang Lencana Amreta Brata Wira Bhakti