Berprestasi di Tingkat Nasional, Rayyan Berhasil Lulus Tanpa Skripsi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 Agustus 2024 06:31 21 Agt 2024 06:31

Thumbnail Berprestasi di Tingkat Nasional, Rayyan Berhasil Lulus Tanpa Skripsi Watermark Ketik
Rayyan Nur Fauzan saat ditemui di Graha Unesa. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rayyan Nur Fauzan, wisudawan Program Studi S-1 Teknik Informatika dari Fakultas Teknik merupakan salah satu lulusan terbaik dalam gelaran wisuda ke-110 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang digelar Selasa (20/8/2024).

Pria kelahiran Blora pada 26 Juni 2002 ini berhasil menyelesaikan studinya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.89 dan meraih predikat pujian. Menariknya, Rayyan lulus tanpa harus menyusun skripsi. 

Unesa membebaskan Rayyan dari tugas akhir skripsi karena berhasil menorehkan prestasi dengan menyabet juara 3 (tiga) tingkat nasional dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) pada divisi Autonomous Tourism Surface Vessel (ATSV) di tahun 2023 bersama dengan rekan satu timnya.

"Alhamdulillah saya bisa lulus menjadi salah satu wisudawan terbaik. Prestasi ini saya raih bersama rekan setim saya setelah kami mendapatkan peringkat 3 pada kompetisi KKCTBN tingkat nasional," jelasnya kepada Ketik.co.id, Selasa (20/8/2024).

Mahasiswa angkatan 2020 ini mengaku sejak memasuki bangku kuliah tidak hanya fokus pada prestasi akademik semata, tetapi juga mengikuti beragam kegiatan non akademik yang mampu memberikan nilai tambah pada dirinya.

"Saya fokus pada kegiatan yang memberikan nilai tambah, baik dalam konteks akademis maupun praktis," tambahnya.

Pada kejuaraan KKCTBN, ia membuat kapal tanpa awak yang mampu bergerak sendiri menuju titik kordinat yang sudah ditentukan sebelumnya. Kapal tersebut juga dapat melewati rintangan atau hambatan yang ada selama perjalanan.

"Jadi kemarin kami membuat kapal autonomous atau kapal tanpa awak bisa berjalan menuju tempat tujuan dengan menggunakan titik kordinat," paparnya.

"Selain tanpa awak selama perjalanan kami juga memberikan rintangan yang mana kapal itu harus bisa melewatinya," sambungnya.

Saat ditanya rencana ke depan, Rayyan mengaku ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister/S2 untuk memperdalam ilmu yang dimiliki. Ia juga bercita-cita bisa mengikuti kompetisi kembali baik tingkat nasional maupun internasional.

"(Harapannya) bisa ikut ajang yang lebih bergengsi dan lebih berkembang lagi. Kalau ada kesempatan mau ambil S2 juga," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa wisuda Lulusan Terbaik KKCTBN berprestasi Tingkat Nasional ATSV Rayyan Nur Fauzan Skripsi