BMKG Sebut Hujan Lebat Guyur Sebagian Wilayah Indonesia Hari Ini

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Muhammad Faizin

22 Juli 2023 03:10 22 Jul 2023 03:10

Thumbnail BMKG Sebut Hujan Lebat Guyur Sebagian Wilayah Indonesia Hari Ini Watermark Ketik
Prakiraan cuaca BMKG, Sabtu, (22/7/2023). (Foto: BMKG)

KETIK, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu (22/7/2023).

Prakirawan BMKG Cici Sucianingsih mengatakan,  wilayah-wilayah itu antara lain, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan  Riau, Sumatera Selatan dan Lampung.

Selanjutnya, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan yang disertai petir dan juga angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Cici juga  menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia berlaku untuk Sabtu (22/7/2023). Ia memprakirakan, cuaca berawan terdapat di kota Pangkal Pinang. Sedangkan cuaca berawan tebal diprakirakan terdapat di kota Palembang.

Ia memprakirakan hujan dengan intensitas ringan  akan mengguyur kota Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu dan Pangkal Pinang. Selanjutnya, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan mengguyur kota Padang dan Bandar Lampung.

Beralih ke wilayah Jawa, ia memprakirakan cuaca cerah berawan terdapat di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Semarang. "Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terdapat di kota Serang," ujarnya dalam rilis resmi.

Cici juga memprakirakan cuaca berawan juga terdapat di wilayah Nusa Tenggara yaitu di kota Kupang. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan  terdapat di kota Mataram. "Hujan dengan intensitas ringan di pulau Bali terdapat di kota Denpasar," kata Cici.

Di wilayah Kalimantan, cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Pontianak, Palangkaraya dan Banjarmasin. Kemudian, cuaca berkabut diprakirakan terdapat di kota Tanjung Selor dan Samarinda.

Cuaca berawan juga mendominasi prakiraan cuaca di sejumlah kta di  Sulawesi antara lain, Makassar, Manado dan Kendari. Kemudian, cuaca cerah berawan diprakirakan terdapat di kota Gorontalo. 

Selain itu, Cici memprakirakan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur kota Palu. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan mengguyur kota Mamuju.

Sementara itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur sejumlah kota di Indoonesia timur. Kota-kota itu antara lain, Ambon, Manokwari dan Jayapura. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Ternate. (*)

Tombol Google News

Tags:

BMKG Hujan Indonesia Prakiraan cuaca Siaga banjir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika