Bupati Tuban Cup 2023 Cabor MMA Sukses Digelar, Antusiasme Fighter dan Penonton Membludak

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: M. Rifat

10 Desember 2023 03:51 10 Des 2023 03:51

Thumbnail Bupati Tuban Cup 2023 Cabor MMA Sukses Digelar, Antusiasme Fighter dan Penonton Membludak Watermark Ketik
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menyerahkan tropi IBCA MMA di Octagon area GOR Rangga Jaya Anoraga (10/12/2023). (Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Bupati Tuban Cup 2023 cabang olah raga Indonesia Beladiri Campuran Amatir Mix Martial Art (IBCA MMA) sukses digelar. Meski terbilang baru, cabang olahraga ini telah tergabung di KONI Tuban.

Di kejuaraan Bupati Tuban Cup ini 138 petarung atau fighter kelompok usia 16 sampai 19 tahun ambil bagian. Mereka berasal dari 20 kecamatan di wilayah Tuban. Pertarungan berlangsung di atas Octagon di GOR Rangga Jaya Anoraga.

Ketua panitia MMA Bupati Tuban Cup 2023 Ahmad Asy’ari mengatakan rincinya peserta terdiri dari 118 laki-laki dan 20 perempuan dengan kategori anak-anak dan junior.

"Event Bupati Tuban Cup 2023 ini diperuntukkan menjaring atlet Junior di Kabupaten Tuban," tuturnya.

Para atlet putra tersebut bertanding di 5 kelas, yakni 48 kg, 52 kg, 56 kg, 60 kg dan 63 kg. Dan untuk Putri dipertandingkan di 3 kelas, yakni 48 kg, 51 kg dan 54 kg.

Pertarungan MMA ini dihelat dua hari mulai 8 sampai 9 Desember 2023. Ketua IBCA MMA Kabupaten Tuban Mohammad Chusnul Chulug menyebut panitia dan pengurus tidak menyangka kalau antusias fighter begitu banyak.

"Kami sangat berterima kasih kepada 138 atlet serta masyarakat kota Tuban sangat antusias terhadap cabor IBCA MMA," ucapnya.

"Semoga mendatang ada atlet MMA Tuban yang lahir dan bisa berprestasi di tingkat Provinsi maupun kancah Nasional," harapnya.

Foto Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky selesai menyerahkan tropi IBCA MMA di Octagon area GOR Rangga Jaya Anoraga (10/12/2023)(Foto Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

Pertandingan MMA kelas Putri (10/12/2023) (Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban Muhammad Emawan Putra mengaku saat ini Pemkab Tuban serius mengelar kejuaraan olahraga dari Bupati Tuban Cup 2023 atau event lain yang masih berlangsung.vDi antaranya IBCA MMA ini.

Pada Minggu (10/12/2023) ajang itu melangsungkan pertarungan final dan disaksikan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.

"Disbudporapar komitmen untuk serius mengelar kejuaraan atau event guna menjaring bakat pemuda di kabupaten Tuban," ucap Emawan.

Menurutnya, bidang olah raga memiliki peluang besar mencetak generasi berkualitas serta mendukung munculnya bibit-bibit atlet dari kalangan remaja serta berpartisipasi pembangunan kabupaten Tuban.

Foto

Di sisi lain, Gelaran Bupati Tuban Cup 2023 selalu melibatkan banyak penonton yang diharapkan juga bisa berdampak peningkatan ekonomi para pedagang kecil dan masyarakat sekitar.

"Olahraga adalah media alternatif hiburan dan stimulan bagi masyarakat. Banyak event olahraga, akan menumbuhkembangkan geliat olahraga dan manfaat ekonomi," tambah Kadis Disbudporapar Tuban Emawan Putra.

Pengamat olahraga MMA dari Magetan, Kuncoro, mengatakan sangat terkejut dengan antusiasme masyarakat yang begitu besar terhadap olahraga IBCA MMA. Itu dibuktikan dengan hadirnya para suporter dari berbagai kecamatan di Tuban untuk mendukung rekannya yang ikut pertandingan.

"Kalau semua kelas di IBCA MMA dipertandingkan animo masyarakat jauh lebih besar. Harap saya, para pengurus IBCA MMA Tuban supaya lebih semangat lagi mengembangkan dan membina mengingat antusiasnya para pelajar mengikuti pertandingan di Bupati Cup 2023 ini," tutupnya.(*)   

Tombol Google News

Tags:

IBCA MMA Tuban Olahraga Beladiri koni