Cabup Bandung Dadang Supriatna Apresiasi Koperasi Digital yang Digerakkan Relawannya

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

11 Oktober 2024 18:19 11 Okt 2024 18:19

Thumbnail Cabup Bandung Dadang Supriatna Apresiasi Koperasi Digital yang Digerakkan Relawannya Watermark Ketik
Cabup Bandung Dadang Supriatna meresmikan dan meninjau koperasi tersebut seusai silaturahim tim dan Pemantapan Koordinator TPS se-Kec Cangkuang, Jumat (11/10/24). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Calon Bupati Bandung nomor 2 Dadang Supriatna mendukung penuh digitalisasi koperasi, seperti yang dilakukan Koperasi Konsumen Serasi Digital, di Jalan Nagrak Kp. Babakan RT 01/07 Desa/Kec Cangkuang Kab Bandung.

Cabup Dadang Supriatna meresmikan dan meninjau koperasi tersebut seusai silaturahim tim dan Pemantapan Koordinator TPS Se Kecamatan Cangkuang, Jumat (11/10/2024).

"Saya ucapkan selamat dan sukses untuk Koperasi Konsumen Serasi Digital Kabupaten Bandung yang mana nih selaras dengan gagasan dan impian yang akan kita gelar 5 tahun yang akan datang," ucap Kang DS, sapaan Cabup Dadang Supriatna.

Dengan hadirnya, Koperasi Konsumen Serasi Digital, lanjut Kang DS, selaras dengan program persiapan menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kenapa? Karena hal pertama yangm harus disiapkan dalam rangka Indonesia Emas adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan paham digitalisasi," tandasnya.
Karena itu, imbuh Kang DS, koperasi yang bernuansa digital sangat sesuai dengan situasi dan kondisi hari ini. Ia menyebut di Kabupaten Bandung terdata ada 16.800 UMKM yang tiap tiap wilayah kecamatan berbeda-beda segemennya.

"Semua UMKM di Kabupaten Bandung merupakan potensi yang luar biasa untuk bisa digarap. Maka pelatihan marketing place ini sangat penting agar UMKM ini," kata dia. 

Cabup yang didamping Cawabup Ali Syakieb di Pilkada 27 November 2024 ini berharap ke depan Koperasi Konsumen Serasi Digital bisa berkolaborasi dengan Pemkab Bandung.

"Sehingga nanti perlu berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait di Pemkab Bandung untuk memajukan UMKM ini. Antara lain dengan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan Perindustrian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bahkan Dinas Tenaga Kerja," terang Kang DS.

Sementara itu di masa Bupati Bandung Dadang Supriatna periode pertama, Pemkab Bandung melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan  Menengah (UKM) meraih Juara 3 PLUT KUMKM (Pusat Layanan  Usaha Terpadu, Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia pada PLUT Award 2024. 

PLUT Award diserahkan langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung Dindin Syahidin, di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM,  Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kemitraan dan kerja keras dalam pemberdayaan KUMKM dan mengangkat daya saing ekonomi daerah melalui PLUT KUMKM.

PLUT KUMKM Kabupaten Bandung merupakan salah satu PLUT unggulan di Indonesia dari 100 PLUT yang ada di bawah penilaian Kemenkop UKM. Meski usia PLUT KUMKM Kabupaten Bandung baru berusia 2 tahun yang diresmikan oleh Menteri KUKM Teten Masduki pada Oktober 2023 lalu, tetapi sudah merealisasikan tugas dan program-programnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

cabup bandung DADANG SUPRIATNA cabup dadang supriatna pilbup bandung pilkada kab bandung koperasi UMKM