Calon Bupati Sidoarjo Subandi Diskusi di Perumahan, Warga Puji 14 Program BAIK

Editor: Fathur Roziq

15 Oktober 2024 08:52 15 Okt 2024 08:52

Thumbnail Calon Bupati Sidoarjo Subandi Diskusi di Perumahan, Warga Puji 14 Program BAIK Watermark Ketik
Calon Bupati Sidoarjo Subandi mengucapkan terima kasih atas undangan diskusi dan sambutan warga Perumahan Puri Surya Jaya pada Senin (14 Oktober 2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Calon Bupati Sidoarjo Subandi selalu merangkul berbagai lapisan masyarakat. Tidak ada sikap pilih-pilih. Senin malam (14 Oktober 2024), Plt Bupati Sidoarjo yang sedang cuti itu memenuhi undangan warga Perumahan Puri Surya Jaya, Gedangan. Diskusi mereka berlangsung gayeng. Warga semakin simpati.

”Kami sangat senang Pak Subandi bersedia hadir dikusi langsung dengan warga seperti ini. Program-programnya gamblang,” kata Yasin, tokoh masyarakat di Perumahan Puri Surya Jaya.

Calon Bupati Sidoarjo Subandi menyalami warga saat tiba di perumahan tersebut. Ada puluhan tokoh masyarakat. Ada pula ketua-ketua RT dan RW, takmir masjid, pemuda karang taruna, dan sebagainya. Mereka menyambut ramah kedatangan calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Dari perbincangan ringan, pertemuan berlanjut ke diskusi. Tanya jawab. Calon Bupati Sidoarjo Subandi mendapatkan berbagai pertanyaan tentang Sidoarjo. Bagaimana konsep dan programnya dalam membangun Sidoarjo ke depan.

Calon Bupati Sidoarjo Subandi pun menyebutkan 14 program unggulan yang diusung pasangan BAIK (Subandi-Mimik). Rata-rata program itu sudah dikerjakan. Tinggal melanjutkan dengan akselerasi yang lebih baik lagi.

Di antaranya, program penciptaan 100.000 lapangan kerja, pemberdayaan UMKM, proyek betonisasi, pemberian beasiswa kepada anak yatim-piatu serta santri dan mahasiswa. Yang sudah mendapatkan beasiswa itu puluhan ribu anak.

Program layanan kesehatan gratis melalui BPJS dan insentif bagi tenaga pendidik, seperti guru ngaji, guru TK hingga SMP, dan tenaga kesehatan, sudah dilakukan semua saat menjabat bersama Bupati Ahmad Muhdlor Ali.

Pembangunan desa dan kelurahan juga dipercepat. Masing-masing desa dan kelurahan disiapi dana bantuan khusus keuangan (BKK) senilai Rp 500 juta sebagai pendamping dana desa. Di tingkat kecamatan, ada program Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Kecamatan akan diberi anggaran peran lebih besar.

”Kalau ada jalan rusak, kecamatan bisa turun tangan langsung. Tidak harus menunggu perbaikan jalan oleh dinas. Keluhan masyarakat cepat tertangani,” papar calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Satu lagi program yang akan menjadi fokus ke depan. Yaitu, program penyediaan makanan bergizi gratis untuk siswa TK hingga SMP. Program ini selaras dengan rencana kerja Presiden Terpilih 2024 Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang. Program tersebut sangat bermanfaat bagi generasi bangsa di masa depan.

”Sebagai pemimpin daerah, kami akan berusaha keras dan menjamin program makanan gratis bergizi dari Pak Prabowo itu  terlaksana dengan baik,” ungkap calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Foto Suasana diskusi calon Bupati Sidoarjo Subandi dengan warga Perumahan Puri Surya Jaya pada Senin malam (14 Oktober 2024). (Foto: Istimewa)Suasana diskusi calon Bupati Sidoarjo Subandi dengan warga Perumahan Puri Surya Jaya pada Senin malam (14 Oktober 2024). (Foto: Istimewa)

Warga Perumahan Puri Surya Jaya mengikuti diskusi dengan antusias. Sesekali terdengar tepuk tangan meriah. Beberapa terlihat menganggukkan kepala. Tanda setuju.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, lanjut Subandi, Pasangan BAIK ini juga melanjutkan program bedah warung untuk mendukung 2.000 unit usaha kecil setiap tahun. Ada pula bantuan modal untuk UMKM dengan bunga sangat rendah. Hanya 0,2 persen. Mereka juga diberi kemudahan dalam mengurus izin usaha.

”UMKM diharapkan naik kelas,” kata calon bupati yang maju dalam Pilkada Sidoarjo 2024 ini.

Bagaimana program buat anak-anak muda? Calon Bupati Sidoarjo Subandi menyatakan siap memperbanyak ruang-ruang untuk anak-anak muda. Tempat-tempat asyik untuk berkreasi (creative space) dibangun mereka di 18 kecamatan.

Program creative space itu telah disampaikan dalam berbagai diskusi dengan anak-anak muda. Baik para pemuda dari berbagai kecamatan maupun mahasiswa berbagai perguruan tinggi. Mereka menyambut dengan antusias.

”Peran anak-anak muda ini sangat kita perlukan untuk membangun Sidoarjo. Kami buka seluas-luasnya,” ungkap calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Anak-anak muda bisa berperan, misalnya, dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Salah satunya, menjadi pendamping UMKM dalam pemasaran online.

Salah satu tokoh masyarakat, Yogi, menyatakan kagum pada program-program Pasangan BAIK (Subandi-Mimik). Terlihat pengalaman sebagai pemimpin daerah.

”Pak Subandi sudah punya solusi untuk berbagai masalah di Sidoarjo. Saya sangat mendukung beliau untuk terpilih menjadi Bupati,” ucap Yogi yang spontan disambut tepuk tangan warga.

Warga juga menyampaikan aspirasi terkait pengelolaan BUMDes dan pembangunan infrastruktur di perumahan. Dia menyatakan siap mendengar masukan dan menindaklanjuti aspirasi itu. Pengalamannya sebagai wakil bupati dan Plt Bupati Sidoarjo akan menjadi bekal untuk membangun Sidoarjo yang lebih baik lagi.

Foto Calon Bupati Sidoarjo Subandi bersama warga Perumahan Puri Surya Jaya. (Foto: Istimewa)Calon Bupati Sidoarjo Subandi bersama warga Perumahan Puri Surya Jaya. (Foto: Istimewa)

Tiga strategi besar pembangunan sudah disiapkan sebagai pilar dan fondasi pembangunan. Pertama, perencanaan pembangunan yang jelas berupa grand design. Tahun demi tahun, jelas apa saja yang akan dibangun.

Kedua, master plan smart city berbasis digitalisasi. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program pembangunan dilakukan berbasis digital. Masyarakat bisa ikut serta mengawasinya.

Ketiga, merit system birokrasi. Kebijakan penataan pegawai Pemkab Sidoarjo didasari kualitas, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Tidak ada titip-titipan atau jual beli jabatan. Sidoarjo punya banyak doktor hebat. Mereka akan diberi tempat yang sesuai dengan keahliannya.

”Saya yakin, bersama masyarakat, kita mampu membawa perubahan nyata untuk Sidoarjo yang lebih baik lagi,” tambah calon Bupati Sidoarjo Subandi. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Calon Bupati Sidoarjo Subandi Pilkada Sidoarjo 2024 Perumahan Puri Surya Jaya Pasangan BAIK 14 Program BAIK sidoarjo